Sukses

Cara Penanggulangan Ranula Pada Anak

18 Dec 2019, 21:49 WIB
Wanita, 32 tahun.

Halo dok, anak saya, usianya 3,5 tahun, di lidah bawahnya ada seperti benjolan dengan ukuran -+ 1cm. Tidak berasa sakit. Apakah itu penyakit ranula atau epulis. Terus apakah bisa hilang sendiri atau harus di angkat. mohon solusi pencerahan dan cara penanganannya 🙏🙏. Terima kasih.

Terimakasih telah bertanya seputar Cara Penanggulangan Ranula Pada Anak melalui fitur Tanya Dokter.

Benjolan di bawah lidah dan tidak sakit , dugaan kami adalah Ranula. Kondisi ini dapat disebabkan karena penyumbatan pada kelenjar liur yang terdapat di dasar mulut, atau pada salurannya, dan bisa juga disebabkan karena trauma pada daerah sekitar. Pada banyak kasus, peradangan jaringan lunak yang melibatkan kelenjar liur di sekitar dasar mulut (di bawah lidah) juga dapat menyebabkan penyumbatan saluran kelenjar liur, sehingga aliran air liur terhambat dan terkumpul menjadi kista tersebut.

Bila terjadi pada bayi atau anak-anak, biasanya kista ini dapat sembuh dengan sendirinya. Pada pasien usia dewasa muda, perawatan bergantung pada besar/kecilnya lesi dan gejala lainnya. Pada pasien dengan gejala minimal, lesi ranula dapat disedot dan pasien harus observasi (kontrol ke dokter) setiap 6 bulan. Namun pada umumnya untuk menghilangkan lesi dengan tuntas diperlukan intervensi bedah, yaitu pengangkatan lesi (tindakan eksisi) sehingga memperkecil kemungkinan rekuren/kambuh kembali. 

Walaupun ranula pada anak-anak bisa sembuh dengan sendirinya, namun tetap lebih baik jika anda melakukan pemeriksaan langsung ke dokter gigi spesialis penyakit mulut. Supaya anda bisa mengetahui lebih jelas tentang penyakit ini dan cara penanggulangannya.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda:

- Akibat Ranula Tidak Dioperasi

- Makan Bayam dan Tahu Bersamaan Bisa Picu Kista?

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai Cara Penanggulangan Ranula Pada Anak, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar