Sukses

Perdarahan Disertai Gumpalan saat Hamil

18 Dec 2019, 11:11 WIB
Wanita, 23 tahun.

Di saat ibu hamil mudah dan usia kandungan kurang lebih sebulan, dan meminum sprite 2 botol sebesar botol le mineral dan makan manggah mudah beberapa buah . Belum ada 24 jam, beberapa gejalah muncul pertama,,sakit kepala,sakit vagina,perut terasa nyerih dan sakit,, beberapa jam kemudian keluar darah, dan ada sesuatu yg putih menggumpal kira2 kurang lebih 2 jari orang dewasa besarnya,, sudah memasuki hari ke tiga besok, sejak dri kluarnya darah sama yg putih itu,, dan sampai sekarang perut,nya masih trasa sangat sakit dan pendarahan masi terjadi skarang,,. Walau pendarahan itu ngak seperti pertama kluar,nya..,,,,,,,, ,,,jadi, dokter bagaimana cara mengatasi ini agar badan ibu dan kesehatan dalam tubuh bisa sembuh secara normal lg.. Dan bagaimana cara mengatasi ini agar ngak terjadi hal2 yg tidak diinginkan,,,

Terima kasih telah bertanya seputar perdarahan saat hamil melalui Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sayangnya, kami tidak dapat memastikan apakah keluarnya bercak merah beserta gumpalan disertai nyeri yang Anda alami merupakan tanda-tanda keguguran atau bukan karena kurangnya data dan keterbatasan untuk melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Keluarnya bercak darah atau flek saat hamil memang perlu mendapat perhatian lebih karena dapat menjadi pertanda suatu bahaya bagi janin yang dikandung, namun memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah
  • Keguguran
  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)
  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang
  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri
  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

Untuk mengevaluasinya memang harus dilakukan pemeriksaan ulang oleh dokter kandungan dan dilakukan USG untuk melihat perkembangan kehamilan Anda.

Kami sertakan juga beberapa artikel yang dapat Anda simak:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar perdarahan saat hamil, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar