Sukses

Sakit Perut Setelah Minum Susu

18 Dec 2019, 07:38 WIB
Wanita, 27 tahun.

saya jika minum susu selalu sakit perut

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai sakit perut setelah minum susu melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya izinkan saya bertanya: Apakah ini terjadi sejak Anda kecil? Apakah Anda juga mengalami diare? Apakah susu yang Anda konsumsi ini susu sapi atau yang lain? Apakah ada gejala lain seperti gatal?

Susu merupakan asupan sehat yang memiliki berbagai kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh. Untuk kebutuhan nutrisi harian, Anda memang bisa mendapatkannya melalui makanan sehari - hari seperti ikan, ayam, daging, sayuran dan buah-buahan. Namun, susu bisa menjadi pelengkap jika ada nutrisi yang masih kurang untuk tubuh. Tapi, sayangnya tidak semua orang bisa minum susu. Ada 2 macam alergi susu, yaitu:

- Intoleransi laktosa. Susu mengandung beberapa jenis gula, salah satunya adalah laktosa. Di dalam usus laktosa ini dicerna dengan cara dipecah menggunakan enzim laktase. Pada intoleransi laktosa, seseorang tidak mempunyai cukup enzim laktase untuk memecah laktosa. Akhirnya akan timbul gejala seperti sakit perut, kembung dan diare.

- Alergi susu sapi. Ini lain halnya dengan intoleransi laktosa. Alergi susu sapi merupakan reaksi sistem imunitas tubuh kita terhadap protein yang terkandung dalam susu sapi. Sehingga ini dapat menimbulkan gejala seperti gatal, kemerahan di kulit dan sesak napas. 

JIka Anda mengalami kondisi diatas dan merasa terus memberat, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk dapat dilakukan evaluasi lanjut. Demikian yang dapat disampaikan mengenai sakit perut setelah minum susu. Jika memiliki keluhan lain, Anda juga bisa menggunakan layanan Live Chat pada aplikasi KlikDokter. Terima kasih.

 

0 Komentar

Belum ada komentar