Sukses

Darah Menstruasi atau Implantasi

17 Dec 2019, 19:14 WIB
Wanita, 27 tahun.

Halo dok. Saya sudah melakukan tes kehamilan menggunakan test pack 2 kali. sudah strip ke 3. Hasilnya negatif. 7 hari yang lalu saya mengeluarkan bercak2 dan seperti tanda kehamilan. sakit dibawah perut dan dada membesar. yang saya tanyakan apakah itu menstruasi saya yang bulan ini keluar hanya bercak atau gimana dok.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai darah menstruasi atau implantasi melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya izinkan saya bertanya: Apakah haid Anda sudah telat? Apakah ada perasaan cepat lelah? Apakah ada peningkatan suhu tubuh? Berapa hari bercaknya keluar? Berwarna apa bercak tersebut? Apakah ada gumpalan?

Implantasi merupakan proses awal mulainya kehamilan dimana embrio yang terbentuk mulai melekat ke dinding rahim. Kondisi ini umumnya terjadi pada 6 - 12 hari setelah pembuahan. Darah yang keluar pada saat implantasi berbeda dengan darah menstruasi. Umumnya, darah implantasi berupa flek kecoklatan atau pink muda. Volume darah yang keluar juga tidak banyak seperti menstruasi, mungkin hanya tampak saat menyeka vagina atau tidak memenuhi pantyliner dan bisa terjadi dalam waktu beberapa jam sampai 3 hari saja. Jika darah yang keluar berwarna merah terang dan volumenya melebihi itu maka mungkin itu darah menstruasi. Jika Anda masih merasa tidak yakin, Anda bisa mengulang pemeriksaan testpack seminggu kemudian dan juga bisa dengan berkonsultasi langsung ke dokter kandungan. Demikian yang dapat disampaikan mengenai darah menstruasi atau implantasi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar