Sukses

Gigi Berlubang Parah

17 Dec 2019, 06:56 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo dok, saya seorang remaja yang memliki masalah gigi berlubang yang parah. Gigi geraham bawah saya sudah ompong dan tidak bisa digunakan untuk mengunyah sehingga saya mengunyah dengan menggunakan gigi depan, masalahnya sekarang lubang kembali merambat ke gigi saya bagian depan atas kanan yang sudah membusuk dan kropos, sedangkan gigi atas yang kiri sudah terlihat berlubang. Saya takut jika saya tidak bisa mengunyah lagi karna gigi saya semua bolong dan sudah ompong sedangkan usia saya yang masih sangat muda. Saya dulu pernah ke dokter gigi dan memiliki pengalaman kurang mengenakkan. Ini saat gigi saya berlubang untuk prrtama kalinya, yang berlubang hanya stu gigi graham sebelah kiri bawah, sy bawa ke dokter dan di tambal tp gigi graham sblh kanan saya juga di lubangi trus di tambal pdhl menurut saya itu tidak bermasalah, krna wakty itu saya kurangmemiliki wawasan dan ayaj saya yang memang tidak mengerti dan menyerahkan sepenuhnya kepasa dokter. Hingga bebrapa hari stlahnya gigi sya mudah rapuh, tambalannya rapuh hinggah ggi saya berlubang makin parah. Smnjak itu saya malas dan rada takyut ke dokter gigi. Skrg di usia saya ke 20 gigi sya sudah sangat parah hingga senyum pun saya tidak leluasa karna malu akan gigi yang brrlubang dan ompong ini, saya tidak tau harus berbuat apa. Karna untuk biaya pun saya belum mencukupi. Dokter mohon memberikan sya saran. Trimakasih

Terima kasih sudah bertanya seputar Gigi berlubang parah melalui fitur Tanya Dokter.

Gigi Anda yang berlubang besar kemungkinan masih dapat dirawat oleh dokter gigi. Jenis perawatan tergantung dari kondisi gigi dan seberapa banyak mahkota gigi yang tersisa. Bila masih memungkinkan dapat ditambal biasa, namun bila gigi sudah non-vital (syaraf gigi sudah mati) maka harus dirawat saluran akar terlebih dulu.

Sebaiknya gigi berlubang tidak dibiarkan lama tanpa perawatan, karena kerusakan dapat bertambah parah dan hal yang paling dikhawatirkan adalah dimana kerusakan pada gigi sudah tidak dapat diatasi lagi dengan perawatan dan gigi harus dicabut serta dapat menimbulkan infeksi dan membahayakan kesehatan. Jadi pencabutan gigi akan dilakukan bilamana keadaan gigi sudah tidak dapat dipertahankan lagi dalam rongga mulut dengan perawatan tertentu baik penambalan atau perawatan lainnya.

Namun jika ternyata gigi tersebut harus dicabut, jangan lupa untuk menggantikannya dengan gigi palsu agar fungsi pengunyahan dapat berjalan dengan baik.

Baca juga artikel terkait:

Kenali 4 Penyebab Gigi Berlubang

Gigi Berlubang, Ditambal atau Dicabut?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar