Sukses

Penanganan Darah Rendah

16 Dec 2019, 10:07 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya hampir sering banget darah rendahnya kumat. Saya harus konsumsi sayuran atau buah apa ya dok. ? Efeknya ganggu aktivitas saya banget dok

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Meski anemia dan kondisi darah rendah adalah dua hal yang berbeda, namun Anda tetap perlu mengatasi keduanya dengan cara yang tepat. Anemia adalah kondisi ketika seseorang kekurangan sel darah merah, yang seharusnya berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke berbagai jaringan yang terdapat di dalam tubuh. Sedangkan tekanan darah rendah atau disebut sebagai hipotensi merupakan kondisi dimana nilai tekanan darah sistolik dan diastolik berada di bawah rentang normal.

Jika ingin mengatasi hipotensi, kenali dulu penyebabnya. Hipotensi yang tidak menimbulkan gejala pada orang sehat biasanya tidak membutuhkan terapi. Kalau pada hipotensi ringan, menurut dr. Adeline penambahan elektrolit seperti garam pada makanan bisa menghilangkan gejalanya. Konsumsi kafein pada pagi hari juga bisa efektif.

Kalau hipotensi yang terjadi tergolong berat, hingga menyebabkan syok, butuh penanganan langsung dari tenaga kesehatan. Hipotensi menyebabkan tidak tercukupinya kebutuhan oksigen otak. Keadaan ini menyebabkan fungsi dan kerja otak dan organ tubuh lain menurun.

Jika hipotensi telanjur terjadi, yang bisa Anda lakukan untuk meringankan gejalanya adalah dengan:

  • Melakukan perubahan posisi tubuh secara perlahan, misalnya dari tidur ke duduk atau dari duduk ke berdiri.
  • Berikan sanggahan di bawah kepala agar posisinya lebih tinggi saat berbaring.
  • Banyak minum air putih.
  • Selain itu, hindari berdiri terlalu lama, mengubah posisi tubuh secara mendadak, minum kafein sebelum tidur, dan konsumsi alkohol secara berlebihan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar