Sukses

Keputihan hingga Infeksi Saluran Kemih

16 Dec 2019, 07:51 WIB
Wanita, 25 tahun.

Saya wanita usia 25 tahun, sudah menikah dan memiliki anak 1. Saya mengalami keputihan sejak 2016, awalnya selama ini keputihan saya tidak pernah menimbulkan masalah sebelumnya. Tetapi 3 tahun terakhir ini saya keputihan yang tidak kunjung sembuh meski berkali kali diobati, terakhir pekan lalu saya cek lab swab vagina. Hasilnya ditemukan bakteri gram negatif cocus, ditemukan bakteri gram positif cocobasil, epitel negatif, leukosit > 50. Ciri ciri keputihannya itu dok awalnya menggumpal seperti serpihan keju, setelah kemarin di kasih clyndamicim dan neo gynoxa, sekarang jadi berlendir pekat putih susu dan terkadang berbentuk krim, tidak gatal dan bau busuk, tidak panas, tapi ada rasa tidak nyaman di perut bagian bawah setelah kencing, dan setiap kali tes urin selalu ISK, sepertinya sudah merambat ke saluran kemih. Kira kira saya terkena penyakit apa ya dok, apakah gonore? Terimakasih

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami keluhan Anda.

Jika mengalami keputihan yang tidak tertangani dengan baik, dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih karena bakteri yang menyebabkan keputihan dapat masuk ke saluran kemih hingga menyebabkan infeksi. Infeksi saluran kemih yang berlangsung lama dan tidak tertangani dengan baik juga dapat semakin berat dan bisa menyebabkan infeksi hingga ke ginjal dan infeksi sistemik ke seluruh tubuh.

Setelah terapi menggunakan obat, perbaikan pola hidup dengan menjaga kebersihan daerah kewanitaan juga sangat penting. Tidak disarankan untuk menggunakan celana yang terlalu ketat atau bahan yang tidak menyerap keringat. Hindari lembab pada daerah tersebut. Setelah buang air kecil maupun besar, sebaiknya dibersihkan dengan baik agar tidak meningkatkan risiko infeksi.

Untuk mengetahui adanya infeksi menular seksual, sangat penting untuk diketahui informasi lebih lanjut mengenai pasangan, apakah mengalami keluhan serupa, apakah ada riwayat berhubungan dengan lebih dari satu pasangan dan berbagai informasi lainnya. Kami sangat menyarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Jika ingin berkonsultasi lebih lajut mengenai keluhan Anda dapat melalui fitur live chat dalam aplikasi Klikdokter.com

Berikut terlampir beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar