Sukses

Mengatasi Suara Serak

14 Dec 2019, 21:06 WIB
Wanita, 33 tahun.

selamat pagi dok.. saya mau nanya2 dikit niii... kebetulan beberapa hari lalu saya batuk yang "lendirnya susah keluar". trus kmaren di kantor kami lakukan bersih2.. trus ada teman yang ngepel menggunaka "Vixal"... sementara dia ngepel.. aroma vixal sempat terhirup dan berasa banget masuk kedalam tenggorokan saya.. akibatnya tenggorokan saya langsung terasa perih dan agak sakit.. selang 1 jam malahan suara saya langsung paroh bahkan makin parah sampe gak keluar suara... itu kenapa yaa dok?? apakah parah??? mohon penjelasannya dok. terimakasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan di Klikdokter.com 

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, Anda sudah konsumsi obat apa saja? 

Suara yang parau, serak, atau hilang bisa akibat radang tenggorokan. Anda dapat mengatasi dengan beberapa cara di bawah ini:

1. Istirahatkan suara Anda

Cara terbaik untuk mengatasi suara yang hilang adalah dengan memberikannya waktu untuk beristirahat. Cobalah untuk “puasa” bicara selama 1-2 hari. Cara ini umumnya berhasil, karena sering kali peradangan bisa sembuh dengan sendirinya.

2. Jangan berbisik

Banyak orang yang mengira bahwa bicara dengan berbisik tak akan membuat tenggorokan bekerja terlalu keras. Padahal, faktanya sebaliknya. Ketika Anda berbisik, pita suara akan meregang. Akibatnya, penyembuhan radang bisa menjadi lebih lama.

3. Perbanyak minum air putih

Suara yang hilang akibat laringitis sering kali disebabkan oleh infeksi virus. Oleh karena itu, berisitirahatlah secara cukup dan banyak minum air putih untuk membantu penyembuhan. Paling tidak minum air putih sebanyak 10 gelas sehari. Selain air putih, asupan hangat seperti kaldu atau sup juga bisa diandalkan untuk meredakan radang tenggorokan.

Hindari minuman yang tinggi kafein seperti kopi atau minuman bersoda karena bisa menyebabkan dehidrasi, tenggorokan makin kering, yang akhirnya jadi semakin meradang.

4. Berkumur air garam

Salah satu cara yang telah terbukti efektif membantu mempercepat penyembuhan radang tenggorokan adalah berkumur dengan air garam hangat. Larutan ini dapat membantu meredakan peradangan di tenggorokan dan pita suara. Usahakan untuk berkumur air garam hangat sebanyak 2-3 kali sehari sampa suara Anda kembali seperti sedia kala.

5. Mandi air hangat

Uap dari air hangat dapat membantu "melembapkan" pita suara dan meredakan radang tenggorokan. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial atau aromaterapi untuk membuat tubuh lebih relaks, meredakan stres, sehingga peradangan jadi bisa lebih cepat sembuh.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan humidifier atau alat untuk melembapkan udara di rumah. Karena, ketika Anda tidur di malam hari, tenggorokan cenderung lebih kering, produksi air liur berkurang, dan peradangan akan bertambah parah. 

 

Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan, namun masih serak segera konsultasi lanjut ke dokter ya agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh.

Demikian, semoga bermanfaat. 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar