Sukses

Mimisan Pada Anak

12 Dec 2019, 14:48 WIB
Pria, 40 tahun.

Siang Dokter, Anak sy dalam 2 Minggu ini mimisan dua kali, terakhi pada malam hari menjelang tidur. Usia anak saya 6 thn, laki2, berat 15kg. Tgl 10 sudah kita bawa ke puskesmas, bgmn dampaknya mimisan terhadap anak sy dokter. Terimakasih

Terima kasih telah berkonsultasi seputar mimisan pada anak pada fitur Tanya Dokter

 

Mimisan atau yang dikenal dalam bahasa kedokteran dengan nama epistaksis adalah perdarahan hidung bagian dalam karena pecahnya pembuluh darah. Epistaksis terbagi 2 yaitu Epistaksis Anterior berasal dari bagian depan hidung dengan asal perdarahan dari pleksus Kiesselbach (kumpulan pembuluh darah). Sedangkan Epistaksis Posterior umumnya berasal dari rongga hidung posterior dengan asal perdarahan dari cabang pembuluh darah arteri sfenopalatina.

Mimisan yang terjadi pada anak sering terjadi akibat pecahnya pleksus Kiesselbach yang terdapat pada rongga hidung sebelah depan. Pada anak-anak pembuluh darah ini masih tipis, terletak dekat permukaan dalam hidung dan rentan pecah. Mimisan akibat pecahnya pleksus Kiesselbach ini biasanya akan berhenti dengan sendirinya dalam waktu 5 menit pada anak tanpa penyakit kelainan darah. Pada anak dengan masalah pada faktor pembekuan darah tentu waktunya akan lebih lama. Berbeda halnya dengan epistaksis anterior, pada epistaksis posterior perdarahan yang terjadi lebih hebat, dengan jumlah yang banyak dan lebih sulit dihentikan sehingga biasanya membutuhkan penanganan lebih lanjut oleh dokter. Bagaimanakah dengan mimisan yang kerap terjadi pada anak Anda?

Mimisan dapat pula disebabkan oleh keadaan-keadaan di bawah ini :

- Trauma / cedera / terjatuh

- Mengorek-ngorek hidungBersin terlalu kencang

- Menghirup udara yang kering seperti pada ruangan ber-AC

- Akibat cuaca panas

- Hipertensi, tumor atau benda asing, dan masih banyak lagi

Apabila mimisan yang terjadi pada anak Anda tidak terlalu sering dan dapat berhenti sendiri atau dengan penanganan awal, Anda tidak perlu khawatir karena kemungkinan besar mimisan tersebut terjadi akibat pecahnya pleksus Kiesselbach. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan penyebab timbulnya keluhan pada anak Anda. Jika mimisan pada anak Anda terjadi dengan frekuensi yang cukup sering dan mengkhawatirkan, kami sarankan untuk mengkonsultasikan kondisi anak Anda ke dokter spesialis anak untuk pemeriksaan lebih lanjut agar diketahui penyebabnya.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar