Sukses

Bercak darah saat menopause

11 Dec 2019, 22:49 WIB
Wanita, 56 tahun.

Saya sudah berhenti haid 5 tahun yang lalu. Namun hari berturut-turut kudapat bercak darah di celana dalam saya pada jam 17.00 pertama dan pada jam 06.00 di hari kedua. Pertanyaan: a. Saya sakit apa? b. Bagaimana pencegahan dan pengobatannya

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya mengenai bercak darah saat menopause melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.  

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.    

Perdarahan yang dialami Anda disebut sebagai perdarahan pasca menopause yaitu perdarahan yang terjadi pada wanita yang sekurang-kurangnya sudah 12 bulan tidak mendapatkan haid. Penyebab perdarahan pasca menopause dapat berasal dari dinding rahim, mulut rahim, vagina maupun indung telur. Penyebabnya dapat berupa kelainan jinak maupun ganas. 

Berikut beberapa penyebab perdarahan pasca menopause:

  • Polip, dapat terjadi di dalam rahim,di serviks maupun saluran vagina
  • Penipisan dinding rahim ( Atrofi endometrium), karena penurunan jumlah estrogen
  • Penebalan dinding rahim (Hiperplasia Endometrium), pada sebagian kasus dapat menyebabkan perdarahan, sel-sel yang menebal dapat abnormal dan menyebabkan kanker endometrium.
  • Kanker Endometrium, kanker vagina, kanker serviks, kanker ovarium
  • Penyebab lain: terapi hormon, penggunaan obat pengencer darah, infeksi pada rahim dan serviks

Wawancara yang terarah, pemeriksaan fisik menyeluruh dan pemeriksaan penunjang sangat diperlukan untuk mengetahui penyebab pasti perdarahan pasca menopause yang Anda alami. Kami sarankan Anda segera mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan segera sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat segera.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Apabila Anda ingin mengetahui atau berkonsultasi lebih lanjut seputar masalah tersebut, Anda dapat bekonsultasi melalui fitur live chat di aplikasi Klikdokter. Terima kasih. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar