Sukses

Bintik Berair

11 Dec 2019, 08:07 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok anak saya hampir 3 bulan.. knp ya ada gelembung kaya berisi air di daerah kemaluannya?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai bintik berair melalui fitur Tanya Dokter. 

Sebelumnya izinkan saya bertanya, Apakah anak Anda demam? Apakah bintik berairnya hanya pada daerah kemaluan saja? Apakah bintik berair nya banyak atau hanya satu?

Kelainan pada kulit sehingga menimbulkan bintik berair dapat disebabkan karena adanya infeksi bakteri, infeksi jamur, infeksi virus, alergi, dan cacar air. Kelainan tersebut hanya dapat dibedakan setelah dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan penanganannya pun berbeda. Jika penyebabnya adalah infeksi bakteri, pengobatannya dapat diberikan salep antibiotik. Untuk infeksi virus dan cacar air, sebenarnya bisa sembuh sendiri. Dokter biasanya akan memberikan pengobatan seperti anti virus dan obat - obatan untuk mengurangi gejala seperti obat demam dan gatal. Jika penyebabnya alergi, maka akan diberikan obat anti histamiin ( anti alergi) dan jika penyebabnya jamur maka akan diberi salep anti jamur. 

Sebaiknya Anda membawa anak Anda untuk langsung berkonsultasi dengan dokter karena sebaiknya untuk masalah kulit sebelum diagnosis ditegakkan dan diberi penanganan, harus dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda. Demikian yang dapat disampaikan mengenai bintik berair, semoga bermanfaat. Jika memiliki keluhan lebih lanjut, Anda juga dapat menggunakan layanan Live chat melalui aplikasi KlikDokter. Terima Kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar