Sukses

Tangan Terasa Lemas

11 Dec 2019, 08:07 WIB
Wanita, 39 tahun.

Selamat pagi Dok, beberapa hari ini tangan kanan saya terasa lemas dan lelah, rasanya seperti tangan yang ditindih sepanjang tidur, padahal tangan saya tidak tertindih. Juga terasa kebas. Sementara sendi lutut kiri saya juga sakit jika sedang melipat kaki (duduk bersila). Sebelumnya saya sudah cek asam urat saya dan hasilnya 7.2. hal ini mengakibatkan sendi ibu jari tangan kanan saya sakit jika ditekuk. Saya sudah konsumsi obat allupurinol selama 15 hari (saya minum sekali sehari). Hasilnya, sendi ibu jari saya sudah tidak sakit lagi bila ditekuk. Tapi saya belum cek lagi asam urat saya. Pertanyaan saya : 1. apakah lelahnya tangan saya ada hubungannya dengan asam urat saya? 2. bagaimana menyembuhkan lelah dan pegal pada tangan kanan saya tersebut? 3. obat apa untuk sendi lutut saya? Terima kasih Dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai tangan terasa lemas melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Tangan yang terasa lemas dapat disebabkan karena banyak hal dan tentu saja berkaitan dengan saraf, otot, pembuluh darah, tulang dan sendi yang berada di tangan Anda. Sebelumnya izinkan saya mengkonfirmasi beberapa hal: Apakah tangan kanan Anda terasa lemas secara keseluruhan atau pada bagian tertentu saja? Apakah Anda masih bisa mengangkat tangan? Apakah Anda masih bisa menggenggam benda? Apakah Anda habis melakukan pekerjaan berat menggunakan tangan kanan Anda?

Gejala - gejala yang dapat muncul karena kadar asam urat tinggi berupa nyeri sendi yang terus menerus, kaku pada sendi, bengkak disekitar sendi yang nyeri dan juga sampai perubahan bentuk pada sendi. Gejala yang dirasakan penderita asam urat tinggi ( hiperurisemia ) biasanya hanya terjadi pada sendi dan sekitarnya saja karena asam urat menumpuk pada sendi. Jadi mungkin ada penyebab lain yang membuat tangan kanan Anda terasa lemas. Untuk penanganan dirumah, Anda harus mengurangi aktifitas dulu, dapat juga mengkonsumsi obat anti nyeri dan banyak minum air putih. Untuk nyeri pada sendi lutut, bisa jadi penyebabnya juga karena asam urat yang tinggi. Silahkan melanjutkan obat asam uratnya dan juga dapat mengkonsumsi obat anti nyeri. Jika tangan Anda masih juga terasa lemas dan semakin memberat, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar dilakukan juga pemeriksaan fisik dan mungkin pemeriksaan penunjang pada tangan Anda. Demikian yang dapat disampaikan mengenai tangan terasa lemas, semoga bermanfaat. Jika Anda memiliki pertanyaan lagi, silahkan juga menggunakan layanan Live Chat pada Aplikasi KlikDokter. Terima Kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar