Sukses

Kehamilan Kosong

10 Dec 2019, 18:54 WIB
Wanita, 31 tahun.

Halo dok Lsg aja ya dok, pada bulan Oktober saya telat haid, saya gak lsg tespek nunggu akhir bulan dulu kalo masih gak haid baru tespek, pas tgl 30 saya tespek hasilnya positif, saya periksa ke bidan kebetulan di bidan nya di periksa pake USG 2d tapi GG kelihatan, hanya saja kata bidan nya rahim nya memang bengkak tapi tidak tau bengkak nya karena memang hamil atau mau haid, habis itu tespek lagi sama bidan hasilnya positif dan kata bidan Aya hamil udh 9minggu, setelah dari bidan sekitar -+10hari saya ngeluarin plek berwarna cokelat yg lumayan banyak, itu seperti saya kalo mau datang bulan awal2nya spt itu dan terus berlangsung selama 4hari, setelah 4hari keluar darah spt saya haid tiap bulan dari tgl 22nov sampai 2 Des dan lumayan sering ngeluarin gumpalan², setelah itu bersih 1hari lalu ada lagi tapi tidak banyak dan Aya ngeluarin gumpalan yg sangat aneh menurut saya, di gumpalan itu kaya ada putih² nya malah saya potoin, trus abis itu saya USG 4d pas di periksa kata dokter nya ternyata saya hamil kosong, trus saya tanya hamil kosong itu apa? Apa terjadi karena kesalahan saya? Atau saya salah makan? Jawab dokternya tidak, itu memang Sudak tidak baik dari awalnya pembuahan nya tidak sempurna berakibat janin nya tidak berkembang, dan di anjurkan kuret. Saya mengalami pendarahan nya ketika umur kandungan -+10minggu, tapi ketika saya USG pas umur 3bulan . Saya mau tanya dokter nya kan nyaranin kuret tapi saya tidak mau kuret, apa bisa??? Dan apa ada obat yg bisa bersihin rahim saya?? Mohon jawabannya dok, karena saya sangat sedang bingung dan sedih karena saya tidak mau kuret Terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai kehamilan kosong melalui fitur Tanya Dokter.

Halo juga Santy, kami memahami kekhawatiran Anda. 

Hamil kosong atau yang biasa disebut sebagai Blighted Ovum adalah kehamilan yang tidak mengandung embrio meskipun terjadi pembuahan. Hal ini disebabkan karena proses pembuahan yang tidak berjalan baik sehingga hanya kantung janin saja yang kelihatan sedangkan janinnya tidak pernah ada karena embrio memang tidak terbentuk. 

Gejala yang dirasakan pada hamil kosong juga sama dengan gejala awal hamil pada umumnya, namun akan muncul juga  kram perut dan keluar perdarahan dari vagina. Kehamilan kosong paling sering diatasi dengan cara kuretase, yaitu dengan membuka mulut rahim dan mengangkat kantung kehamilan. Bisa juga dengan obat, tapi Anda sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan Anda mengenai pilihan mana yang baik dan kurang efek samping. 

Demikian yang dapat disampaikan mengenai kehamilan kosong, semoga bermanfaat.

Jika masih ada pertanyaan, Anda bisa menggunakan layanan Live Chat padda aplikasi KlikDokter. Terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar