Sukses

Jarang Haid Saat Memakai KB Suntik

10 Dec 2019, 09:52 WIB
Wanita, 34 tahun.

dok, setelah melahirkan feb 2018 sampai sekarang saya memakai kb suntik.jarang sekali haid bahkan tidak samasekali.bulan nov 2019 saya rajin konsumsi jeruk lemon, dan saya haid lagi tapi cuma flek, darah jg paling sedikit.. dan itu lama hampir 3 mnggu msh seperti itu. apa itu normal?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai jarang haid saat memakai kb suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Suntik KB merupakan salah satu kontrasepsi hormonal yang mengandung hormon sintetik progesteron (progestin) atau kombinasi hormon progesteron dan esterogen. Berdasarkan durasi pemberiannya, KB suntik terbagi menjadi 2 jenis, yaitu suntik KB per 1 bulan (berisi kombinasi hormon) dan KB suntik per 3 bulan (berisi progestin saja).

Suntik KB bekerja dengan cara menghambat pelepasan sel telur oleh indung telur dan mengentalkan lendir di mulut rahim sehingga menyulitkan pergerakan sperma pria dalam membuahi sel telur wanita. Jika digunakan dengan cara yang tepat, suntik KB memiliki efektivitas mencapai 99,7% dan tingkat kehamilan 0,3 dari 100 wanita.

Penggunaan KB memang memberikan efek samping yang berbeda - beda pada tiap wanita. Efek yang paling sering muncul saat menggunakan KB adalah haid yang tidak teratur terutama jika menggunakan KB suntik, baik itu yang 1 bulan maupun 3 bulan. Gangguan haid nya pun beragam, bisa hanya flek saja, darah haid sedikit, bahkan tidak haid sama sekali. Pada 60% wanita, siklus haid akan kembali normal setelah penggunaan selama 1 tahun.

Jika sampai sekarang haid Anda masih juga tidak teratur, bahkan jarang sekali haid, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mendapatkan pmeriksaan fisik dulu karena mungkin saja ada penyebab lai selain KB yang membuat haid Anda tidak teratur.  Bisa juga berkonsultasi untuk mengganti KB Anda menjadi KB non hormonal. Demikian yang dapat disampaikan mengenai jarang haid saat memakai kb suntik, semoga bermanfaat.

Jika Anda memiliki keluhan lain, Anda dapat menggunakan layanan Live chat melalui aplikasi KlikDokter. Terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar