Sukses

Penanganan Diare pada Anak

06 Dec 2019, 17:26 WIB
Wanita, 26 tahun.

Assalamu'alaykum,,maaf dok,,anakku mencret2 trus kmrin sore-malam udah 5x bab,,dan td subuh-skrg udah 4x,,sblumnya perutnya kembung,,skrg usia nya 2,8thn,,bgusnya mnum apa yh?? Tp Alhamdulillah ankku kuat makan dan gk rewel,,cm ksian aja liatnya😓

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai diare pada anak melalui tanya dokter di Klikdokter.com 

 

Jika Anda mendapati anak diare, lakukan langkah-langkah pertolongan pertama ini yang bisa segera Anda lakukan di rumah.

1. Pastikan asupan cairan

Diare pada anak perlu diwaspadai karena tubuh anak yang sebagian besar terdiri atas cairan, mudah sekali mengalami dehidrasi akibat diare. Untuk menghindari hal ini, pantau asupan cairan anak saat ia diare. Jika anak masih menyusu dan masih bisa minum ASI, maka sebaiknya ASI tetap dilanjutkan dengan frekuensi lebih sering. Jika anak sudah tak lagi menyusu, jaga asupan cairan dengan banyak minum air putih dan usahakan tetap makan seperti biasa.

2. Berikan oralit

Setiap anak yang mengalami dehidrasi membutuhkan CRO atau yang sering disebut oralit. Oralit dapat diberikan di rumah pada anak yang mengalami dehidrasi ringan, menolak makan biasa, atau muntah dan/atau diare. 

Berikan oralit sedikit-sedikit tapi sering menggunakan spuit oral, sendok atau cawan takar, atau gelas. Berikan  anak oralit sebanyak 5-10 ml selama 3-4 jam untuk menggantikan cairan yang hilang. Untuk anak dengan berat badan 10 kg, ini setara dengan 500 ml. Jika jumlah total CRO sudah diberikan, Anda bisa melanjutkan pemberian makanan pada anak seperti biasanya.

3. Berikan tablet atau sirop zink selama 10 hari berturut-turut

Pemberian tablet atau sirop zink selama 10 hari berturut-turut bertujuan untuk memperbaiki kondisi pencernaan anak. Pemberian ini juga terbukti dapat memperpendek durasi diare dan mencegah kekambuhannya di kemudian hari. Zink diberikan satu kali sehari dengan dosis 10 mg pada bayi di bawah 6 bulan dan 20 mg mulai usia 6 bulan ke atas. Selain tablet dan sirop zink, Anda juga dapat memberikan probiotik untuk membantu pengobatan diare. 

 

Apabila setelah melakukan penanganan di atas, diare semakin bertambah dan anak Anda terlihat lemas segera konsultasi ke dokter secara langsung ya bu agar mendapatkan penanganan lebih optimal.

Demikian, semoga bermanfaat. 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar