Sukses

Apakah Diabetes Mempengaruhi Saraf Manusia?

05 Dec 2019, 00:20 WIB
Pria, 27 tahun.

Dokter saya mau bertanya. Apakah benar anggapan bahwa kadar gula yang tinggi dapat mempengaruhi syaraf otak manusia? Suami saya memiliki penyakit kencing manis, dan sekarang syarafnya terganggu. Kata orang-orang itu disebabkan gula darah. Apakah benar demikian?

Terima kasih telah bertanya mengenai gangguan saraf pada penderita diabetes melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penyakit diabetes adalah penyakit metabolik yang sifatnya kronik. Kondisi ini ditandai dengan gangguan pengaturan gula darah dalam tubuh akibat berbagai hal seperti kurangnya produksi insulin oleh pankreas, kurangnya respon tubuh terhadap insulin dan adanya pengaruh hormon lain yang menghambat kinerja insulin. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan tapi hanya bisa dikontrol. Karena apabila tidak terkontrol, penyakit ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi, salah satunya adalah gangguan saraf. 

Tingginya kadar gula dalam darah pada penderita diabetes dapat merusak pembuluh darah dan saraf di tubuh. Kondisi inilah yang biasa disebut neuropati diabetik. Ini terjadi ketika saraf mengalami kerusakan, baik secara langsung akibat tingginya gula darah, maupun karena penurunan aliran darah menuju saraf. Rusaknya saraf akan menyebabkan gangguan sensorik, yang gejalanya berupa kesemutan, mati rasa, atau nyeri. Jadi memang benar gangguan saraf dapat terjadi pada penderita diabetes. Oleh sebab itu, sangat perlu untuk mengontrol kadar gula darah agar dapat mencegah komplikasi pada diabetes. 

Jika gangguan saraf yang terjadi pada suami Anda sering kambuh, kami sarankan untuk memeriksakannya ke dokter spesialis saraf agar mendapatkan penanganan langsung. Demikian yang dapat disampaikan mengenai gangguan saraf pada penderita diabetes, semoga bermanfaat.

Silahkan membaca beberapa artikel berikut sebgai referensi

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3616462/bagaimana-diabetes-bisa-pengaruhi-alzheimer

https://www.klikdokter.com/penyakit/neuropati-diabetik

 

Jika Anda memiliki pertanyaan lain, Anda dapat menggunakan layanan Live chat pada aplikasi KlikDokter. Terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar