Sukses

Maag dan Vertigo

03 Dec 2019, 15:36 WIB
Pria, 50 tahun.

Dok mamah saya sakit partigo dan maag itu disebabkan oleh apa dan obatnya yang cocok apa yah ?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai maag dan vertigo melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Maag adalah penyakit yang disebabkan karena meningkatnya asam lambung. Produksi asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya gesekan pada dinding lambung dan usus halus, sehingga timbul rasa nyeri pada ulu hati. Selain nyeri ulu hati, maag juga menimbulkan gejala lain, seperti mual, muntah, kembung, bahkan sampai sesak napas. 

Penyebab meningkatnya asam lambung ini berupa:

- Pola makan yang tidak teratur

- Obat-obatan

- Infeksi bakteri

- Faktor psikologis

Untuk penanganan maag, Anda dapat menyarankan ibu Anda untuk lebih mengontrol pola makannya, jangan sering telat makan. Sebaiknya makan dengan porsi sedikit tapi lebih sering. Hindari makanan yang pedas dan asem juga. Hindari minuman bersoda, apalagi yang beralkohol.

Sedangkan vertigo adalah gangguan keseimbangan yang ditandai dengan keadaan pusing berputar terutama saat adanya perubahan posisi, seperti dari posisi tidur terus bangun. Penyebab dari vertigo ini ada banyak, yaitu:

- Gangguan pada telinga

- Kelainan saraf

- Motion sickness

- Kelainan sirkulasi

- Obat -obatan

Untuk penanganan vertigo, usahakan ibu Anda untuk tetap rileks, istirahat terutama saat vertigo kambuh, hindari makanan yang mengandung tinggi garam, juga minuman yang berkafein, dan cokelat. Jika tidak dapat ditahan, dapat mengkonsumsi obat antimabuk. 

Apabila maag dan vertigo pada ibu Anda sering kambuh dan bertambah parah, kami sarankan untuk memeriksakannya ke dokter agar dapat diketahui apa yang menjadi penyebab dan mencegah kekambuhan. Demikian yang dapat disampaikan, terima kasih.

 

0 Komentar

Belum ada komentar