Sukses

Batas Usia Bayi Boleh Naik Pesawat

03 Dec 2019, 13:02 WIB
Pria, 2 tahun.

Selamat malam pak/ibu dokter, saya mau tanya terkait dengan umur minimum bayi yang dapat naik pesawat. Dari sisi ketahanan tubuhnya artinya tidak berakibat bagi bayi. Demikian atas perhatian dan solusinya saya ucapkan banyak terimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar batas usia bayi naik pesawat melalui fitur Tanya Dokter.

Berapa umur anak Anda saat ini ? Untuk anak usia bayi sebenarnya sudah dapat dibawa melakukan perjalanan lewat udara setelah berusia 2 hari. Namun, perusahaan penerbangan akan meminta surat ijin dari dokter anak bayi berusia 2 - 7 hari. Jika Ibu melahirkan dengan proses sectio caesaria, Ibu harus menunggu selama 10 hari setelah kelahiran sebelum diperbolehkan terbang. Namun, pada umumnya, bayi baru dapat diajak berpergian dengan pesawat terbang komersial setelah berusia 2 minggu.

Walaupun demikian, perlu diingat bahwa sebagian besar ahli menyarankan untuk membatasi paparan bayi baru lahir atau bayi kecil terhadap sekumpulan orang dalam jumlah banyak untuk mencegah bayi tersebut tertular penyakit seperti infeksi virus atau infeksi lain. Selain itu, proses perjalanan itu sendiri dapat menjadi situasi yang menimbulkan 'stress' pada bayi dan ibunya. Apalagi segala keperluan bayi yang perlu dibawa dalam kabin akan merepotkan dan mengganggu kelancaran perjalanan orangtua.

Karena itu, jika perjalanan ini tidak bersifat sangat perlu, sebaiknya tidak dilakukan sampai anak berusia lebih besar. Jika memang diperlukan, sebaiknya Ibu berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis anak yang menangani bayi Ibu. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Apabila Anda ingin mengetahui atau berkonsultasi lebih lanjut seputar masalah tersebut, Anda dapat berkonsultasi melalui fitur LIveChat di Aplikasi KlikDokter. Terima kasih.

 

0 Komentar

Belum ada komentar