Sukses

Kontrasepsi Darurat

03 Dec 2019, 13:02 WIB
Wanita, 28 tahun.

Mngkonsumsi 4 tab postinor 2, dgn waktu minum 9 jam stlh hubungan dan yang kedua 72 jam minum postinor yang prtma. Aman kah? Adakah efek jangka panjang?

Terima kasih telah bertanya seputar kontrasepsi darurat melalui fitur Tanya Dokter. 

Kontrasepsi yang sering disebut sebagai “morning after pill’ ini tidak bekerja seefektif kontrasepsi pada umumnya yang dipakai rutin, namun akan lebih baik jika tidak memiliki perlindungan sama sekali. Angka kegagalan dari kontrasepsi darurat ini adalah 3%.

Kontrasepsi darurat terdiri dari pil kombinasi dosis tinggi, pil kombinasi dosis rendah, pil progesteron, pil estrogen, dan spiral.

Pil efektif jika digunakan dalam waktu 72 jam pasca sanggama. Pil ini tidak dapat digunakan sebagai kontrasepsi jangka panjang. Sementara itu, spiral masih efektif dalam waktu 7 hari pasca sanggama, namun tidak dapat digunakan untuk wanita yang mengalami infeksi kelamin dan organ kewanitaan.

Terdapat beberapa efek samping dari penggunaan pil KB ini, yaitu mual, muntah,  flek-flek, nyeri perut, dan sakit kepala. Jika Anda muntah dalam 2 jam setelah meminum pil, Anda harus kembali meminum pil tersebut.

Kontrasepsi ini tidak dapat “menggagalkan” kehamilan yang sudah terjadi, namun hanya dapat berfungsi untuk mencegah sebelum kehamilan itu terjadi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Apabila Anda ingin mengetahui atau berkonsultasi lebih lanjut seputar masalah tersebut, Anda dapat berkonsultasi melalui fitur LIveChat di Aplikasi KlikDokter. Terima kasih.

 

0 Komentar

Belum ada komentar