Sukses

Gigi Tumbuh Berlebih/ Gigi Supernumerary

03 Dec 2019, 11:47 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok saya mau taxa....jika gigi supernemorary bagian atas yg tengah kecil runcing bisakah di tambal untuk mnutupi gigi yg runcing n kecil tu dok...trimakasih

Terima kasih sudah bertanya seputar gigi berlebih atau gigi supernumerary melalui fitur Tanya dokter.

Jumlah gigi pada orang dewasa adalah 32 buah, yang terdiri dari 16 pada rahang atas dan 16 pada rahang bawah. Jumlah gigi yang melebihi jumlah yang normal terkadang dapat ditemukan pada sebagian orang.

Gigi tambahan ini dapat muncul dimanapun dalam rongga mulut dan bisa lebih dari satu, bisa pula terdapat pada satu atau kedua sisi rahang dan bisa juga tumbuh secara sempurna dalam rongga mulut atau hanya ‘terbenam’dalam tulang dan tidak tumbuh. Jumlah gigi yang melebihi dari jumlah normal dikenal dengan istilah supernumerary teeth dalam dunia kedokteran gigi.

Penyebab keadaan ini  belum dapat dipastikan, namun berdasarkan beberapa teori hal tersebut dikaitkan dengan faktor lingkungan dan keturunan. Tetapi secara umum, jumlah gigi berlebih / supernumerary teeth dikaitkan dengan beberapa penyakit dan sindrom.

Jumlah gigi berlebih / supernumerary teeth yang tidak tumbuh hanya dapat terdeteksi pada saat pemeriksaan x-ray. Gigi ini perlu dicabut apabila berindikasi menimbulkan gangguan, tetapi pada keadaan yang tidak mengganggu gigi ini tidak perlu dicabut namum tetap harus di perhatikan dalam pengawasan dokter gigi. Pada kondisi yang Anda alami ini diperlukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan perawtan yang terbaik.

Baca juga artikel terkait:

Gigi Berlebih

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar