Sukses

Perlukah Melakukan Foto Rontgent Sebelum Mencabut Gigi Impaksi?

03 Dec 2019, 11:04 WIB
Pria, 30 tahun.

Asm dok, hasil ronsen panoramic gigi apakah ada tanggal kadaluarsanya (ronsen th 2017)? Sy memiliki gigi impaksi, pd saat itu ingin melakukan bedah gigi, namun terpending krn tnyt sy hamil & melahirkan.. skrg sy berencana melanjutkan bedah itu, apakah msh bisa menggunakan hasil ronsen tsb? Trims dok, wasalam 😊

Terima kasih sudah bertanya seputar Perlukah foto rontgent dilakukan melalui fitur Tanya Dokter.

Rontgen gigi atau yang disebut dengan radiografi merupakan suatu gambaran gigi yang digunakan dokter gigi untuk mengevaluasi kesehatan rongga mulut pasien. Sinar X yang digunakan umumnya memiliki tingkat radiasi yang rendah dalam menangkap gambar bagian dalam gigi dan gusi.

Secara umum, gambaran rontgen ini berguna untuk membantu seorang dokter gigi melihat kondisi kesehatan gigi dan jaringan pendukung di sekitarnya. Melalui rontgen pula, dokter gigi dapat mendiagnosis adanya kerusakan atau penyakit yang tidak terlihat selama pemeriksaan gigi secara klinis.

Mengingat terakhir foto rontgent sudah 2 tahun yang lalu, sebaiknya sebelum memutuskan untuk pencabutan gigi bungsu, dilakukan pemeriksaan foto rontgent kembali untuk memastikan posisi dan kondisinya.

Baca juga artikel terkait:

Rontgen Gigi, Apa Manfaatnya?

Ketika Gigi Perlu di Rontgen

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar