Sukses

Mengatasi Depresi
02 Dec 2019, 08:16 WIB
Wanita, 19 tahun.

halo dok.. saya perempuan yg berumur 19 tahun , saat ini saya memiliki banyak pikiran negatif yang cenderung berpikiran mengakhiri diri sendiri, itu sudah berlangsung selama kurang lebih 3 bulan ini. selama 3 bulan ini saya selalu menyalahkan diri saya ketika saya berbuat kesalahan atau sesuatu yang memalukan yang dilihat oleh banyak orang. saya tidak bisa menerima diri saya sendiri dan cenderung menyalahkan serta menyakiti diri sendiri. pikiran negatif ini selalu muncul ketika saya merasa tidak nyaman di lingkungan dengan orang yang baru. karena itu saya tidak mempunyai banyak teman dan menjadi tertutup dikeluarga. saya telah mencoba menghilangkan itu namun ketika saya mencoba melawan dengan menggunakan pikiran yang positif selalu gagal. saya akhirnya menyerah dan membiarkan pikiran negatif itu ada sampai saat ini. bagaimana dok cara mengurangi serta menghilangkan pikiran negatif yang selalu muncul ini.. makasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Depresi ditandai dengan kondisi murung, kinerja menurun, sulit berkonsentrasi, sulit tidur dan makan, dan bahkan muncul keinginan untuk menyakiti diri hingga bunuh diri. Itu artinya depresi sudah mulai menyerang.

Jika Anda ingin terhindar dari hal mengerikan tersebut, ini yang perlu dilakukan:

1. Sempatkan diri untuk melakukan hobi Anda.2. Jadwalkan hari libur rutin dan manfaatkan waktu cuti untuk melakukan hal yang menyenangkan.3. Mencari akar masalah yang Anda hadapi. Kemudian, segera cari jalan keluarnya.4. Prioritaskan waktu Anda bersama keluarga atau orang yang Anda sayangi.5. Merenung, berdoa, atau beribadah pada Sang Pencipta merupakan cara terbaik untuk melepaskan diri dari stres berkepanjangan.

Jika cara di atas belum mampu mengatasi stres atau depresi yang Anda alami, jangan ragu untuk segera berkunjung ke psikiater atau psikolog.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Cara Mengatasi Depresi. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar