Sukses

Cara Mengatasi Nyeri Lutut
02 Dec 2019, 07:51 WIB
Pria, 66 tahun.

Sakit lutut sudah menahun, namun masih bisa berolahraga sepedah, jalan, lari, tenis dan renang. Belakangan ini sering nyeri di ujung otot. setelah diurut/dipijit sakitnya berkurang. Jika berdiri terasa otot paha dan pinggul tegang dan tidak nyaman bahkan ngilu. Penyakit apa yg saya derita? Apakah ada suplemen untuk mengatasi ini? Perlu diketahui juga saya melakukan peregangan setiap akan berolahraga dan juga melakukan strectching dengan yoga. Saya sadar bahwa pasti ada penurunan fungsi tubuh, apalagi usia diatas 65 th ini mulai terasa. Salam PS

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Lutut terdiri dari tulang, kapsul, rawan sendi, meniscus, ligamen, otot dan syaraf yang bekerja sama untuk menghasilkan suatu gerakan lutut yang sempurna. Nyeri lutut dapat terjadi pada semua umur dan oleh berbagai penyebab. Dan penanganan nyeri lutut berbeda-beda, harus berdasarkan penyebabnya.

Nyeri lutut yang terjadi pada orang dewasa, dapat diakibatkan karena trauma seperti terjatuh, keseleo, cedera waktu olahraga baik disadari maupun tidak. Selain itu nyeri lutut juga bisa disebabkan kelainan diluar lutut seperti akibat lemahnya otot paha, cedera ligamen lutut dalam, kelainan disendi panggul, atau kelainan di tulang belakang (HNP) yang tentunya memerlukan penanganan yang lebih kompleks.

Pada usia diatas 45 tahun, pada umumnya masalah degeneratif menjadi masalah utama, yaitu kerusakan tulang rawan sendi yang disebut dengan arthritis / pengapuran. Penyebabnya digolongkan menjadi dua, yaitu penyebab primer bila disebabkan karena proses penuaan dimana sendi menjadi aus akibat produksi cairan pelumas yang berkurang. Sedangkan penyebab sekunder bila disebabkan oleh cedera waktu muda yang tidak segera diatasi, bentuk kaki yang O atau X, penyakit reumatik dan asam urat, infeksi dan lain sebagainya.

Rematik atau Artritis Reumatoid (AR), adalah salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit autoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Bila dibiarkan, kondisi ini dapat memicu terjadinya erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi.

Berikut adalah gejala AR yang sering ditemui :

Nyeri sendi

Pembengkakan sendi

Nyeri sendi bila disentuh atau di tekan

Tangan kemerahan

Lemas

Kekakuan pada pagi hari yang bertahan sekitar 30 menit

Demam

Berat badan turun

AR dapat mengenai satu atau lebih sendi dalam tubuh dalam kurun waktu yang sama. Pada tahap awal, biasanya AR menerpa sendi-sendi kecil seperti tangan, pergelangan tangan, kaki dan atau pergelangan kaki. Pada tahap lanjutan, AR akan mengenai sendi yang lebih besar seperti bahu, siku, lutut, panggul, rahang dan leher

Sebagai alternatif anda dapat berkonsultasi ke dokter ahli reumatology apa bila pada bagian saraf tidak ditemukan kelainan. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar