Sukses

Penglihatan kabur dan pusing, vertigo?

02 Dec 2019, 06:52 WIB
Wanita, 23 tahun.

sering ketika berjalan atau mengendarai motor tibatiba dada sesak , penghilatan kabur,kepala pusing . sudah berlangsung 3mingguan . sempat didiagnosa vertigo tapi ketika obat habis sudah lumayan enakan. seminggu setelahnya kok pas di cfd terasa lagi

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya mengenai penglihatan kabur, kepala pusing melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.  

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.    

Vertigo termasuk kedalam gangguan keseimbangan yang dinyatakan sebagai pusing, pening, sempoyangan, rasa seperti melayang atau dunia seperti berjungkir balik. Keluhan lain yang berhubungan dengan vertigo adalah berkurangnya pendengaran, telinga berdenging (tinnitus), mual, muntah, atau rasa penuh pada telinga.

Vertigo dapat disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri.  Vertigo juga dapat berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.  Penyebab dari vertigo dapat bermacam-macam dari keadaan yang ringan hingga keadaan berat, secara garis besar meliputi:

  • Keadaan lingkungan seperti motion sickness (mabuk darat, mabuk laut).
  • Obat-obatan seperti gentamisin dan konsumsi alkohol.
  • Kelainan aliran darah seperti pada transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah sementara ke salah satu bagian otak).
  • Kelainan di telinga, yaitu terdapat endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam, infeksi telinga bagian dalam, labirinitis (infeksi labirin di telinga dalam), peradangan saraf telinga, dan penyakit Meniere.
  • Kelainan saraf, seperti sklerosis multipel, patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya, tumor otak yang menekan persarafan ke daerah telinga dan keseimbangan.
  • Kelainan/cedera pada tulang belakang bagian leher sehingga persarafan terganggu.

Pada vertigo perifer (yang bukan berasal dari otak sebabnya), pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Anda juga dianjurkan untuk melakukan latihan ini di rumah agar telinga Anda beradaptasi dengan posisi tersebut. Manuver tersebut biasa dikombinasi dengan obat-obatan yang diminum untuk mengurangi gejala.

Saran kami, sebaiknya Anda periksakan ulang kepada dokter, bisa kepada dokter saraf maupun dokter THT untuk menentukan jenis vertigo Anda: vertigo perifer atau sentral. Ada kemungkinan Anda perlu pemeriksaan CT-Scan atau MRI Kepala dan tulang belakang bagian leher.

Berikut kami lampirkan bacaan yang dapat menambah wawasan Anda :

Bisakah Vertigo Dicegah?

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Vertigo

Penyebab Vertigo dan Cara Mengatasinya

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Apabila Anda ingin mengetahui atau berkonsultasi lebih lanjut seputar masalah tersebut, Anda dapat bekonsultasi melalui fitur live chat di aplikasi Klikdokter. Terima kasih. 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar