Sukses

Penyebab Benjolan di Buah Zakar Anak

30 Nov 2019, 15:19 WIB
Pria, 23 tahun.

dok, saya mau tanya ,, sudah 3 hari anak saya keluar benjolan di buah zakarnya ,benjolanya itu tidak keras .. itu kenapa ya dok

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui klikdokter.com 

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Ibu rasakan saat ini, usia anak ibu saat ini berapa tahun? Apakah sudah pernah dikonsultasikan langsung ke dokter bu?

Berikut adalah gangguan kesehatan yang sering menjadi penyebab benjolan di buah zakar:

1. Varikokel

Varikokel merupakan salah satu kondisi yang sering dikaitkan dengan masalah kesuburan pada pria. Keadaan ini terjadi pada 20% pria usia dewasa. Kondisi yang menyebabkan terjadinya varikokel masih misteri. Penyebab terjadinya varikokel pada seorang pria masih tidak diketahui secara pasti. Namun, peneliti menduga bahwa kondisi tersebut terjadi akibat katup vena yang tidak bekerja dengan baik.

Umumnya, varikokel tidak menunjukkan gejala yang spesifik. Seorang pria biasanya akan mengeluhkan rasa tidak nyaman di sekitar buah zakar, disertai dengan rasa nyeri ringan yang dapat membaik dengan istirahat. Terkadang penderita juga akan merasa seperti ada gumpalan cacing disekitar buah zakar.

2.  Hidrokel

Hidrokel adalah penumpukan cairan berlebih di sekitar buah zakar. Keadaan ini membuat buah zakar terlihat membesar alias bengkak. Berbeda dengan varikokel, hidrokel lebih banyak terjadi pada bayi laki-laki dan menghilang setelah usia 2 tahun. Jikapun terjadi pada orang dewasa, biasanya kondisi ini menimpa mereka yang telah berusia 20 tahun atau lebih.

Penyebab terjadinya hidrokel pada anak-anak adalah akibat belum sempurnanya penutupan prosesus vaginalis, sehingga cairan dalam rongga perut dapat masuk ke daerah buah zakar. Sedangkan pada orang dewasa, keadaan ini umumnya terjadi akibat adanya infeksi parasit seperti filariasis.

3. Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis merupakan kondisi tersering yang menyebabkan munculnya benjolan di sekitar buah zakar. Keadaan ini terjadi karena adanya organ usus masuk ke dalam cincin inguinalis. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya hernia inguinalis, antara lain: sering mengejan atau mengangkat benda berat dan usia tua.

Sebagian besar kasus hernia inguinalis hanya menunjukkan adanya benjolan yang bisa membaik dengan berbaring atau istirahat. Tetapi pada kondisi tertentu, khususnya apabila organ usus sudah terjepit, maka akan muncul keluhan nyeri di sekitar buah zakar.

 

Saran kami segera konsultasikan kepada dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh. 

 

Demikian, semoga bermanfaat. 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar