Sukses

Gatal Yang Sering Muncul
27 Nov 2019, 22:11 WIB
Pria, 23 tahun.

Perimisi Dokter, saya mau bertanya. Saya belakangan ini sering merasakan gatal-gatal setelah mandi. Dulu saya pernah mengalami ini namun hilang, sekarang kambuh lagi. Gatal-gatalnya terjadi di seluruh tubuh dan paling banyak di bagian belakang badan dan lipatan tangan. Kulit saya seperti merinding dan gatal, tapi tidak lama bila saya oles minyak kayu putih atau bedak gatal. Saya tidak memiliki riwayat alergi makanan tertentu. Sabun yang saya pakai sama mereknya seperti yang biasa saya pakai dan air saya menggunakan air sumur dan air PDAM. Gatal-gatal seperti ini biasanya di sebabkan apa ya dok ? Apakah ada obat atau salep lain agar bisa menyembuhkan gatal-gatal saya ? Terima kasih dokter atas perhatianya.

Terima kasih telah bertanya tentang Gatal menggunakan fitur tanya Dokter.

Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Kami mengerti kekhawatiran anda, sebelumnya perlu kami tanyakan apakah gatal ini hanya muncul setiap habis mandi? gatal dirasakan terus menerus atau muncul sekali-kali dan tiba-tiba? lalu apakah di bagian tubuh tersebut disertai perubahan kulit seperti ada kemerahan, bentol, menghitam, bintik, bisul dsb? tanpa mengetahui informasi tersebut dan memeriksa langsung, penyebab pasti keluhan gatal anda tidak bisa dipastikan. meskipun begitu, sepertinya kecurigaan penyebabnya adalah alergi apalagi jika tidak terjadi perubahan kulit, namun perlu ditinjau lebih jauh lagi apa yang menjadi penyebab. pengobatannya pun tergantung penyebab apakah alergi, infeksi bakteri, atau infeksi jamur. untuk sementara mandi menggunakan sabun bayi saja dan bedak anti gatal boleh anda gunakan namun penyebab pastinya perlu ditentukan agar pengobatannya pun tepat, maka dari itu disarankan ke dokter.

Lebih lanjut mengenai hal ini, anda bisa baca:

Alergi

Gatal pada Diabetes

Kondisi Kesehatan dari keluhan Gatal

 

Demikian informasi tentang gatal ini kami sampaikan. Apabila anda ingin mengetahui atau berkonsultasi lebih lanjut seputar masalah tersebut, Anda dapat berkosnultasi dengan saya melalui fitur Livechat di aplikasi KlikDokter, Terima kasih semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar