Sukses

Hasil Anti Tiroglobulin Meningkat

26 Nov 2019, 15:01 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau bertanya, hasil antitiroglobulin saya 38, 5 periksa tgl 28 Jan 2015. Lalu saat pemeriksaan selanjutnya naik tajam menjadi 120,6. Saya berhenti meminum euthyrox saya 3 minggu sebelumnya tpi saya makan pempek yg harusnya saya tidak boleh, yg ingin saya tanyakan apakah makan pempek membuat antitiro saya naik? Jika bukan, alasan antitiro saya naik apa ya dok? Terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai hasil Anti tiroglobulin meningkat melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Tiroglobulin adalah senyawa yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Pemeriksaan ini gunanya untuk mendeteksi adanya autoantibodi tiroid dalam darah yang keliru menyerang protein tiroglobulin. SIstem kekebalan tubuh seseorang bisa saja mengira sel atau senyawa normal dalam tubuh sebagai sel asing sehingga menghasilkan yang namanya autoantibodi. Karena sistem kekebalan tubuh yang keliru ini membuat peradangan kronis pada tiroid (tiroiditis), kerusakan jaringan tiroid, dan/atau gangguan fungsi tiroid. Hasil anti tiroglobulin dapat mendeteksi masalah tiroid seperti:

- peningkatan kerja tiroid

- penurunan fungsi tiroid

- kanker tiroid

Apakah Anda gejala lain yang Anda rasakan?

Sebaiknya Anda memeriksakan langsung mengenai keluhan Anda ini dengan dokter spesialis agar dapat dilakukan pemeriksaan tambahan seperti USG, CT scan dan pemeriksaan darah lainnya untuk menegakkan diagnosis dari keluhan Anda. Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar