Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Keluar Darah Setelah Berhubungan

26 Nov 2019, 11:06 WIB
Wanita, 21 tahun.

Miss v saya ada bercak darah sudah 2hari setelah baru melakukan sex itu kenapa? Apa bahaya

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai keluar darah setelah berhubungan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya izinkan kami bertanya:

Apakah setiap kali setelah Anda berhubungan seks mengeluarkan darah dari vagina? Apakah darahnya keluar terus menerus atau hanya setelah berhubungan seks? Apakah Anda merasakan nyeri? Apakah Anda baru saja selesai haid atau baru mau haid? Apakah ada keluhan lain yang Anda rasakan?

Bila keluhan darah keluar setelah berhubungan kemungkinan hal tersebut adalah post coital bleeding.Perdarahan setelah berhubungan seksual atau Post Coital Bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan. Keluar darah pasca berhubungan seksual juga dapat terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet.

Apabila darah yang keluar hanya sedikit dan tidak berlangsung lama, maka Anda tidak perlu khawatir karena mungkin keluar darah tersebut akibat dari adanya luka kecil pada vagina. Namun, jika keluar darah berlangsung lama dan volume darahnya banyak, maka harus dicurigai juga penyebab lain seperti peradangan pada serviks (leher rahim), adanya polip, infeksi bakteri, kanker serviks dan miom. 

Oleh karena itu, jika keluar darah yang Anda alami semakin banyak dan terus menerus, maka segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda. 

Demikian yang dapat disampaikan mengenai keluar darah setelah berhubungan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar