Sukses

Batuk Saat Hamil
21 Nov 2019, 15:55 WIB
Wanita, 24 tahun.

Malam dok Saat ini saya sedang hamil 4 bulan Tiap malam saat tidur saya sering batuk2 sampai susah tidur, saya sudah mencoba minum air jeruk nipis madu dan air hangat tp batuk tidak reda juga di sisi lain saya takut akan mengganggu si janin. Adakah obat batuk yg aman untuk ibu hamil dok?

Terima kasih telah bertanya seputar batuk saat hamil menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Batuk pada ibu hamil umumnya disebabkan karena daya tahan tubuh yang menurun, kurang asupan cairan, dan kurang istirahat sehingga tubuh lebih rentan untuk mendapatkan infeksi saluran napas.

Memang tidak ada obat yang 100% aman untuk kehamilan. Menurut US Food and Drug Administration (FDA), obat tersebut termasuk dalam kategori C bagi ibu hamil, artinya telah dilakukan pengujian obat tersebut terhadap hewan dan menunjukkan adanya efek terhadap janin hewan, namun belum dilakukan pengujian secara langsung terhadap manusia. Obat kategori C hanya boleh diberikan jika benar-benar dibutuhkan oleh ibu hamil karena mungkin berpotensi untuk menimbulkan kecacatan pada janin. Karena itu, untuk mengatasi batuk anda dapat minum madu ditambahkan peppermint yang diseduh dengan air hangat dan mentol. Sebetulnya berbahaya untuk tidaknya pada kandungan, perlu dilakukan anamnesis dan pemeriksaan fisik lebih lanjut mengenai penyebab dari batuk Anda. Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan guna penanganan lebih lanjut.

Selain itu, sebaiknya Anda banyak minum dan makanlah buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. Dan yang terpenting Anda harus istirahat cukup.

Demikian informasi seputar batuk saat hamil yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.Apabila Anda ingin mengetahui atau berkonsultasi lebih lanjut seputar masalah tersebut, Anda dapat berkonsultasi melalui fitur LIveChat di Aplikasi KlikDokter. Terima kasih.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar