Sukses

Minum Air Sirih Saat Haid

20 Nov 2019, 14:21 WIB
Wanita, 35 tahun.

Selamat siang dok, saya mau tanya,, saat datang bulan hari pertama terasa gatal ,, apakah boleh jika saya minum air rebusan daun sirih untuk mengurangi rasa gatal ?? Terima kasih.

Terima kasih telah berkonsultasi seputar minum air rebusan sirih saat haid pada fitur Tanya Dokter

 

Sejauh ini belum ada penelitian tentang efek minum daun sirih saat menstruasi. Umumnya yang dapat membuat siklus menstruasi tidak teratur akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertamaPasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30Malnutrisi (kurang gizi)Stres psikologisAtletKekurangan vitamin KPenggunaan obat-obatan tertentuKelainan pembekuan darahGangguan hormon tiroidKelainan organ kandungan

Daun sirih yang berasal dari tanaman Piper betle mengandung minyak atsiri yang terdiri dari hidroksi kavikol, kavibetol, estargiol, eugenol, metileugenol, karvakrol, terpen, seskuiterpen, fenilpropan dan tanin. Kandungan daun sirih tersebut memiliki kemampuan untuk mematikan bakteri, mematikan jamur, dan juga memiliki peranan sebagai antioksidan. Karena itu, daun sirih telah lama digunakan sebagai antiseptik untuk pengobatan luka luar. Diperlukan kepekatan yang berbeda-beda dari ekstrak daun sirih untuk mendapatkan fungsi yang berbeda pula, baik sebagai antibakteri maupun antijamur. Meskipun telah terbukti memiliki sifat antiseptik.

Untuk mendapatkan efek antiseptiknya, sejumlah daun sirih biasanya akan direbus dan air rebusan daun sirih tersebut selanjutnya akan digunakan sebagai obat kumur atau digunakan untuk membersihkan bagian tubuh lain. Daun sirih juga bersifat menahan pendarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga sifatnya mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan pendarahan.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar