Sukses

Telinga Tersumbat Kotoran

20 Nov 2019, 09:35 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat Pagi, saya Dea Anisa umur 21 tahun. Dok, mau bertanya. Pagi ini saya ada membersihkan telingan dg cutton bud, gara2 itu telinga kiri saya jadi tersumbat kotoran. Sepertinya kotorannya terdorong masuk kedalam. Saya bingung, telinga kiri saya jadi tidak biaa mendengarkan dengan jelas. Saya coba bersihkan dengan cutton bud lagi., tetap tidak ada hasil. Bagaimana ya solusinya? Apakah perlu ke dokter tht? Atau bisa menggunakan obat tetes telinga?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya mengenai telinga tersumbat kotoran melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Perasaan telinga tersumbat dapat disebabkan karena Anda mengalami apa yang disebut dengan serumen prop dimana kotoran telinga mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung pada telinga Anda.

Sebelum melakukan penanganan tertentu, sebaiknya Anda memeriksakan telinga Anda ke dokter. Dokter akan menggunakan alat otoskop untuk melihat ke dalam liang telinga Anda, apakah terdapat sumbatan kotoran telinga dan sejauh mana letak kotoran telinga yang bergumpal. Setelah itu, dokter akan menentukan penanganan yang tepat apakah dengan diberikan obat tetes untuk melunakkan kotoran atau dengan melakukan irigasi telinga.

Jika ingin membersihkan telinga, memang sebaiknya mengunjungi dokter untuk prosedur ekstraksi kotoran telinga.

Kotoran Telinga, Beda Warna Beda Arti

Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Membersihkan Telinga

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar telinga tersumbat kotoran. Semoga bermanfaat. Apabila Anda ingin mengetahui atau berkonsultasi lebih lanjut seputar masalah tersebut, Anda dapat bekonsultasi melalui fitur live chat di aplikasi Klikdokter. Terima kasih. Salam sehat.

1 Komentar