Sukses

Daerah Kewanitaan Gatal, Berikut Cara Atasinya

20 Nov 2019, 09:35 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok daerah kewanitaan saya gatal bgt cara mengatasinya gimana dok?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya mengenai daerah kewanitaan gatal melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Gatal di daerah kewanitaan dapat disebabkan karena vagina yang lembap dan kebersihannya kurang terjaga. Selain itu, pembalut juga dapat menyebabkan gatal karena iritasi atau alergi. Luka lecet dan panas umumnya disebabkan karena garukan pada area yang gatal tersebut. Untuk mengobatinya, tentu harus diatasi dahulu penyebab dan faktor yang memicunya.

Menjaga kebersihan vagina sebenarnya mudah dilakukan. Membersihkan organ kewanitaan dapat dilakukan dengan air hangat dan sabun lembut tanpa pewangi. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan:

Bersihkan bagian luar vagina dengan air hangat dan juga sabun lembut tanpa pewangi. Selain karena air hangat menciptakan efek relaks, air hangat juga dapat meredakan nyeri jika sedang menstruasi.

Kenakan celana dalam katun, jenis tekstil yang terbuat dari serat alami, dan tidak terlalu ketat, sehingga kulit tetap dapat bernapas, sirkulasi udara lancar, dan membuat perasaan menjadi lebih segar.

Jika sedang mengalami keputihan, gantilah celana dalam 3 kali sehari, atau jika lembab/basah.

Jika sedang mengalami menstruasi, gantilah pembalut setidaknya setiap 4 jam.

Setelah buang air, pastikan arah membersihkan vagina adalah dari depan ke belakang. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah kotoran atau virus yang berasal dari saluran pembuangan tidak sampai ke area vagina. Selain itu jangan lupa untuk mengeringkan vagina menggunakan handuk bersih atau tissue.

Hindari berbagai produk pembersih, sebab belum dapat dipastikan tidak menyebabkan masalah kesehatan. Jika sampai terpaksa harus menggunakan pembersih vagina, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan dan kebidanan tentang produk apa yang harus digunakan.

Selain itu juga perlu diperhatikan kontrol berat badan ideal, asupan nutrisi yang baik, karena pada beberapa masalah kesehatan seperti kegemukan atau diabetes amat rentan mengalami infeksi jamur, serta agar keluhan tidak berulang kembali nantinya.

Kami juga menyarankan Anda berkonsutasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui dengan pasti kondisi yang Anda alami dan mendapatkan terapi yang sesuai dengan penyebabnya. Apabila terdapat infeksi yang disebabkan oleh jamur, maka dibutuhkan obat golongan anti-jamur. Sementara untuk infeksi bakteri maka dokter akan meresepkan penggunaan antibiotik.

Berikut kami sertakan bacaan yang dapat menambah wawasan Anda :

8 Penyebab Vagina Gatal yang Jarang Diketahui Wanita

Cara Mencegah Gatal di Area Kemaluan 

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Area Kewanitaan

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar daerah kewanitaan gatal. Semoga bermanfaat. Apabila Anda ingin mengetahui atau berkonsultasi lebih lanjut seputar masalah tersebut, Anda dapat bekonsultasi melalui fitur live chat di aplikasi Klikdokter. Terima kasih. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar