Sukses

Diare Terus - Menerus

20 Nov 2019, 07:35 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya, dari kemarin sampai hari ini diare terus menerus. Saya sudah kasih obat diapet tapi tidak kunjung berhenti Solusinya bagaimana ya dok, terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai diare terus - menerus melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya izinkan kami bertanya, sejak kapan Anda diare? Berapa kali dalam sehari Anda BAB? Apakah masih ada ampasnya? Apakah ada lendir / darah? Apakah Anda demam? Apakah Anda masih mau makan dan minum? Apakah Anda merasa lemas? Apakah Anda masih bisa beraktifitas?

Diare adalah kondisi dimana orang mengalami buang air besar yang terus-menerus atau lebih dari 3x dalam sehari dan konsistensi tinja berubah menjadi lembek atau cair.  Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) dan persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan).

Penyebab diare bisa bermacam-macam, tetapi paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau akibat keracunan makanan. Pada orang yang tidak dapat mengonsumsi susu (intoleransi laktosa), diare juga bisa terjadi terus - menerus.

Gejala yang muncul berupa:

- Konsistensi feses menjadi lebih cair

- frekuensi buang air besar lebih sering ( >3x/hari)

- Mules atau nyeri perut

- Mual / muntah

- Sakit kepala

- Lemas

- Nafsu makan berkurang

- Gelisah

- Suhu badan mungkin meningkat

Yang harus dicegah apabila terkena diare adalah dehidrasi. Pengeluaran cairan terus - menerus akan meningkatkan kemungkinan terkena dehidrasi. Penanganan yang paling penting saat terkena diare adalah rehidrasi. Pastikan asupan cairan terpenuhi dengan minum cairan oralit dan minimal 2L air mineral setiap hari untuk mengganti cairan elektrolit yang keluar. Anda juga dapat mengkonsumsi tablet zinc 20mg 1 kali/hari selama 10 hari dan mengkonsumsi yoghurt untuk mengganti kuman baik dalam usus Anda agar tidak diare terus - menerus.

Jika dalam waktu 3 hari Anda masih diare terus - menerus dan merasa lemas, sebaiknya ANda berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisis secara langsung dan penanganan yang tepat, mungkin saja Anda sudah memerlukan terapi antibiotik. 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai diare terus - menerus. Apabila Anda memiliki pertanyaan lain seputar keluhan tersebut, Anda bisa menghubungi kami menggunakan fitur Live chat di aplikasi Klik Dokter, Terima kasih. 

0 Komentar

Belum ada komentar