Sukses

Belum Haid Setelah Melahirkan
19 Nov 2019, 12:55 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok sy mau bertanya.slama sy sdh melahirkan gk perna haid 1thn 8bln gk pernah haid.awalnya sih 40 hari setelah mlahirkan sy pke kb suntik 3bln dan berlanjut lg ke implan 1thn.dan skrang sdh sy bk dan saat brhubungan air sperma d buang d luar.nah pertanyaan sy bagaimana cara agar sy bisa kembali haid teratur dan lancar?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai belum haid setelah melahirkan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Siklus haid tiap wanita memang berbeda-beda. Setelah melahirkan juga kadang kala siklus haid mengalami perubahan. Biasanya siklus haid kembali normal setelah 2 - 24 bulan setelah melahirkan. 

Saat 6 bulan pertama setelah melahirkan apabila Anda memberikan ASI eksklusif, maka akan terjadi yang namanya metode kontrasepsi alami sehingga pada beberapa wanita akan tidak mengalami haid selama 6 bulan tersebut. Hal ini terjadi karena saat Anda memberikan ASI maka isapan bayi pada payudara menekan hormon- hormon reproduksi sehingga mencegah terjadinya ovulasi yang dapat memicu haid. Ini dikenal dengan sebutan MAL ( metode amenore laktasi). Ini dapat menjadi salah satu alasan Anda belum haid setelah melahirkan.

Penyebab lain yang mungkin dapat terjadi pada Anda, yaitu karena penggunaan kontrasepsi sehingga haid menjadi tidak lancar. Karena penggunaan KB tersebut dapat mempengaruhi hormon reproduksi seperti estrogen dan progesteron yang mengatur siklus haid.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan untuk dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan juga pemeriksaan USG untuk mengetahui lebih pasti penyebab keluhan Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai belum haid setelah melahirkan. Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar keluhan tersebut, Anda bisa menggunakan fitur Live Chat yang ada di aplikasi KlikDokter. Terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar