Sukses

Masalah Stress

18 Nov 2019, 17:10 WIB
Pria, 27 tahun.

2,5 minggu yang lalu, kepala sy serasa kecang dan tegang, badan panas, sy juga merasa rasa2nya ingin mengisolasi diri dari dunia luar, seperti tidak berani melakukan kontak dengan orang lain, saat ini sy sudah mulai merasa ada yg berbeda dengan diri sy, sy menjadi mudah lupa, tidak bisa konsentrasi dan sering melamun apakah sy sudah mengalami stres?

Terima kasih telah berkonsultasi seputar masalah stress pada fitur Tanya Dokter

 

Stres yang tidak ditangani dengan baik dapat mengurangi semangat bekerja, dan membuat seseorang menunda atau bahkan menghindari kegiatan yang menjadi kewajibannya. Akibatnya, terjadilah stres berkepanjangan.

Bila dibiarkan, stres berkepanjangan dapat berujung pada depresi. Depresi itu sendiri bisa memicu gangguan mental, yang berdampak lebih buruk daripada stres.

Pada awalnya Anda bisa jadi hanya merasa stres. Lalu lambat-laun menjadi murung, kinerja menurun, sulit berkonsentrasi, sulit tidur dan makan, dan bahkan muncul keinginan untuk menyakiti diri hingga bunuh diri. Itu artinya depresi sudah mulai menyerang.

Jika Anda ingin terhindar dari hal mengerikan tersebut, ini yang perlu dilakukan:

- Sempatkan diri untuk melakukan hobi Anda.

- Jadwalkan hari libur rutin dan manfaatkan waktu cuti untuk melakukan hal yang menyenangkan.

- Mencari akar masalah yang Anda hadapi. Kemudian, segera cari jalan keluarnya.

- Prioritaskan waktu Anda bersama keluarga atau orang yang Anda sayangi.

- Merenung, berdoa, atau beribadah pada Sang Pencipta merupakan cara terbaik untuk melepaskan diri dari stres berkepanjangan.

Jika cara di atas belum mampu mengatasi stres dan depresi yang Anda alami, jangan ragu untuk segera berkunjung ke psikiater atau psikolog.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar