Sukses

Cara Menangani Kapalan

18 Nov 2019, 16:44 WIB
Wanita, 50 tahun.

Mama saya umur 88 tahun, di tapak kaki jempolnya sebelah kiri, ada kapalan, sudah dipake obat calusol tidak bisa menipis. Kalau mau konsultasi ke dokter, harus ke dokter bagian apa ya, dok?

Terima kasih telah berkonsultasi seputar cara menangani kapalan pada fitur Tanya Dokter

 

Untuk menangani kapalan, Anda dapat mencoba cara sederhana berikut:

- Rendam kaki dengan air hangat

- Gosok perlahan menggunakan batu apung pada daerah yang kapalan

- Jangan pernah menggunting kapalan. dengan menggunakan pisau sendiri.  Karena selain berisiko infeksi karena tidak sterilnya alat, luka yang berpotensi muncul akan menyulitkan di kemudian hari, khususnya para penyandang diabetesCara ini dapat membantu mengurangi ukuran kapalan dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit Anda.

Kemudian untuk mencegah kapalan terjadi, sebaiknya Anda jeli dalam memilih ukuran alas kaki. Jangan menggunakan sepatu yang terlalu sempit.  Gunakan lotion untuk melembabkan kulit sehingga dapat mengurangi daya gesek yang terjadi antara kulit kaki dan sepatu.

Kapalan tidak memerlukan penanganan medis kecuali bila sudah menimbulkan rasa nyeri. Dan juga pada pasien-pasien dengan penyakit kencing manis, penyakit arteri perifer, atau kondisi-kondisi lain yang menyebabkan masalah pada aliran darah, maka butuh konsultasi langsung dengan dokter bedah.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar