Sukses

Mengatasi Herpes di Bibir

18 Nov 2019, 14:57 WIB
Wanita, 24 tahun.

halo dok, mau tanya kemarin teman saya ada jerawat di dekat bibir, lalu hari ini dia cek ke dokter karena makin bengkak ternyata itu herpes. sebelumnya itu kemarin saya sempat menggunakan barang punya dia sebentar (sedotan setelah dia pakai). apakah saya harus cek ke dokter dan harus bagaimana kalau cek ke dokter juga ya??

Terima kasih telah bertanya seputar Herpes Di Bibir Kambuh menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Herpes simpleks virus (HSV) terdiri dari dua tipe, yaitu tipe 1 dan 2, yang merupakan kelompok virus dari famili Herpesviridae yang dapat mengakibatkan infeksi di manusia. HSV merupakan neurotropik dan neuroinvasif virus yang berarti mereka termasuk jenis virus yang dapat memasuki sistim saraf manusia.

Transmisi atau penularan virus tersebut terjadi akibat kontak dengan orang yang terinfeksi yang menularkan virusnya melalui cairan tubuh, baik ludah ataupun cairan yang keluar dari kemaluan. HSV-1 umum terjadi pada daerah wajah, sedangkan HSV-2 lebih sering berkaitan dengan herpes genital. Namun terkadang terjadi kekacauan tipe dikarenakan terjadinya oral seks, sehingga jenis virus HSV-2 dapat terjadi di mulut. HSV merupakan virus yang sangat menular namun tidak mengancam nyawa.

Dari literatur kedokteran memang dinyatakan bahwa Herpes simpleks atau HSV dapat kambuh setidaknya 4 kali dalam setahun. Namun hal ini berbeda-beda tiap individu. Beberapa faktor risiko yang dapat memicu kekambuhan penyakit ini adalah operasi, penyakit, stress, kelelahan, diet, menstruasi, hubungan seksual yang sering, atau iritasi kulit (seperti kulit terbakar akibat sinar matahari). Sehingga sebaiknya Anda memperhatikan faktor risiko apa yang Anda miliki sehingga memicu kekambuhan penyakit ini.

Selain itu beberapa suplemen dipercaya mampu menekan kekambuhan penyakit herpes seperti vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan akan membantu sistem imun tubuh melawan virus. Zinc juga dipercaya mampu menghambat replikasi virus herpes dan membantu sistem imun tubuh. Makan makanan yang tinggi akan kadar lisin (asam amino yang dapat mencegah replikasi virus herpes) seperti kacang tanah, kacang merah, dan kacang kedelai.

Demikian informasi seputar Herpes Di Bibir Kambuh yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar