Sukses

Tanda dan Gejalaa TBC

14 Nov 2019, 21:47 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat sore dokter, saya mahasiswa berusia 22 tahun ingin bertanya seputar batuk. Sudah tiga minggu ini saya batuk. Minggu pertama batuk disertai gejala pilek, minggu kedua batuk plus pilek, minggu ketiga disertai dahak. Dahak yg saya keluarkan kadang encer, kadang kuning kehijauan, dan kadang agak coklat. Batuk saya semakin parah ketika berbaring dan ketika malam hari. Saya khawatir dengan penyakit saya ini. Takut terkena TBC. Mohon penjelasannya Dokter.. Terima kasih

Terima kasih telah menanyakan gejala TBC melalui fitur Tanya Dokter.

Gejala TBC Paru antara lain: batuk produktif (berdahak) lebih dari sama dengan 2 minggu, batuk berdarah, sesak napas, nyeri dada, lemah dan letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi.

Diperlukan pemeriksaan dahak di laboratorium pada beberapa waktu yang berbeda untuk menegakkan diagnosis TBC, sehingga jika Anda curiga mengalami TBC sebaiknya segeralah periksa ke rumah sakit.

TBC yang terjadi pada orang dewasa dapat sangat menular. Pengobatan dilakukan dengan obat antituberkulosis yang bisa didapatkan di puskesmas atau rumah sakit. Lama pengobatan minimal selama 6 bulan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang gejala TBC. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar