Sukses

Seputar Kadar CRP

14 Nov 2019, 16:40 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dok, saya mau tanya, anak saya umur 4 thn, 3 hari lalu, anak saya demam, leokist dan trambosit nya juga naik dan CRP nya tinggi, jadi dirawat. setelah dirawat anak saya kembali normal, tidak demam leokosit dan trombosit nya juga udh normal, tapi CRP nya masih tinggi, yang mau saya tanya kenapa yg dok CRP nya masih tinggi? sednagkan anak saya tdk deman lagi dan masih ceria

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

C-reactive protein (CRP) adalah suatu protein yang dihasilkan oleh hati, terutama saat terjadi infeksi atau inflamasi di dalam tubuh. Namun, berhubung protein ini tidak bersifat spesifik, maka lokasi atau letak organ yang mengalami infeksi atau inflamasi tidak dapat diketahui.

Proses inflamasi merupakan proses reaksi tubuh terhadap adanya luka atau infeksi (oleh bakteri, virus, atau jamur). Proses ini sebenarnya bermanfaat untuk mencegah infeksi namun seringkali proses inflamasi terjadi secara berlanjut dan menyebabkan gangguan pada organ-organ tertentu, contohnya pada jaringan sendi dan tulang yang menyebabkan arthtritis/radang sendi atau pada pembuluh darah yang menyebabkan atherosclerosis/penyempitan pembuluh darah.

Kadar CRP di dalam tubuh akan meningkat dengan cepat bahkan hingga 1000 kali lipat, sekitar 6 jam setelah proses inflamasi terjadi. Inilah yang menyebabkan kadar CRP banyak digunakan sebagai indikator terjadinya proses inflamasi di dalam tubuh.

Kadar CRP akan semakin menurun seiring kesembuhan anak Anda dan memang tidak langsung turun dengan cepat. 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar