Sukses

Penggunaan Rifampicin

13 Nov 2019, 08:48 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dokter saya mau nanya, saya kan konsumsi obat rifampicin 600 mg, ethambutol hci, dan inha+b6 complex ya dok, itu aturan minumnya sebelum atau sesudah makan sih dok sebenarnya. ? Saya biasanya minum rifampicin sebelum makan dan yg lain lain sesudah makan dok 😢 Terimakasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai penggunaan rifampicin melalui fitur Tanya Dokter.

Obat Rifampicin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengatasi infeksi, seperti Tuberculosis, kusta, dan infeksi bakteri staphylococcus lainnya. Dosis setiap orang berbeda-beda sesuai dengan berat badannya. Untuk mengatasi penyakit tuberculosis, dokter akan menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi obat ini selama berbulan - bulan dan tidak boleh putus ataupun terlewat. Aturan penggunaan Rifampicin:

- Dewasa: 8-12 mg/kg berat badan per hari; Berat badan kurang dari 50 kg: 450 mg per hari; Berat badan lebih dari 50 kg: 600 mg per hari.

- Anak-anak: 10-20 mg/kg berat badan per hari; maksimal dosis 600 mg/ hari.

Biasanya rifampicin dikonsumsi saat sebelum makan, yaitu saat perut masih kosong. Sebaiknya 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan. Minumlah obat ini sesuai yang dianjurkan dokter Anda. Obat ini juga termasuk obat keras, jadi pembeliannya pun harus dengan resep dokter. Demikian yang dapat disampaikan mengenai penggunaan rifampicin, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar