Sukses

Cacar Air Pada Anak bagaimana Pengobatannya

12 Nov 2019, 23:15 WIB
Pria, 50 tahun.

anak saya kena cacar air bagaimana cara pengobatannya

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter terkait cacar air pada anak

 

Cacar air merupakan suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus varicela zooster. Pada dasarnya penyakit yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting disease), sehingga yang diperlukan adalah upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak anda dengan istirahat dan makan dengan gizi yang seimbang.

 

Pengobatan yang diberikan biasanya berupa pengobatan suportif/ simptomatik dan menjaga higienis yang baik agar terhindar dari infeksi sekunder.Dapat digunakan obat-obatan antipiretik untuk mengurangi demam, namun sebaiknya menghindari penggunaan aspirin, karena dapat menyebabkan sindrom Reye.Untuk mengurangi rasa gatal dan mencegah penggarukan, sebaiknya kulit dikompres dingin. Bisa juga dioleskan losyen kalamin, antihistamin atau losyen lainnya yang mengandung mentol atau fenol

Untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi bakteri, sebaiknya:

  • Kulit dicuci sesering mungkin dengan air dan sabun
  • Menjaga kebersihan tangan
  • Puku dipotong pendek
  • Pakaian tetap kering dan bersih.
  • Kadang diberikan obat untuk mengurangi gatal (antihistamin).
  • Jika terjadi infeksi bakteri, diberikan antibiotik.
  • Jika kasusnya berat, bisa diberikan obat anti-virus asiklovir.
  • Obat anti-virus boleh diberikan kepada anak yang berusia lebih dari 2 tahun. Asiklovir biasanya diberikan kepada remaja, karena pada remaja penyakit ini lebih berat. Asikloir bisa mengurangi beratnya penyakit jika diberikan dalam wakatu 24 jam setelah munculnya ruam yang pertama.

Hati-hati penularan terjadinya pada saat cacar tersebut mulai mengering. Sebaiknya bawalah putra Anda ke Dokter Spesialis Anak untuk dapat diobati.

 

demikian informasi yang dapat kami berikan terkait cacar air pada anak,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar