Sukses

Bahaya hamster bagi Ibu hamil

12 Nov 2019, 23:17 WIB
Wanita, 24 tahun.

Siang Dok, saat ini saya sedang hamil muda dan di rumah memelihara 7 ekor hamster. Saat sedang membersihkan kandang hamster, tangan saya tanpa sengaja terkena urin hamster peliharaan saya dok. Setelah kejadian itu saya segera mencuci tangan. Pertanyaan saya, apakah berbahaya urin hamster untuk ibu hamil dan janin yang di kandung? Apakah saya harus melakukan tes tertentu untuk mengetahui kemungkinan adanya virus yang tertular melalui hamster? Terima kasih dokter.

Terima kasih telah bertanya seputar bahaya hamster bagi ibu hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Memang benar bahwa sebenarnya ada penyakit yang dapat ditularkan dari jenis pengerat kepada wanita hamil yaitu LCMV (Lymphocytic Choriomengingitis Virus) atau Viral Meningitis. Tikus, hamster dan semua bangsa pengerat dapat menularkan penyakit ini kepada manusia dan semua hewan lainnya. LCMV tidak memiliki pengaruh membahayakan bagi manusia dewasa, bahkan beberapa kasus dapat disembuhkan dengan cepat sehingga tidak perlu dikuatirkan sama sekali. Angka kematian manusia akibat penyakit ini adalah hanya sekitar 1%. Tanda-tanda dari orang yang terkena penyakit ini hampir sama seperti orang yang sedang terserang flu atau demam biasa.

Banyak cara virus ini memasuki tubuh Anda. Cara yang paling umum adalah ketika Anda menyentuh air kencing, mata atau mulut hewan yang terinfeksi. Cara lain adalah melalui udara dan debu yang mengandung debu halus dari kotoran dan air kencing yang mengering.

Untuk pencegah penyakit ini Anda harus selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kandang hewan peliharaan Anda. Ganti serbuk sesuai yang dianjurkan. Cuci tangan sebelum dan sesudah Anda bermain dengan hamster Anda. Jangan biarkan hewan liar masuk sekalipun ke dalam tempat hamster Anda berada (lebih baik memelihara hamster di dalam rumah yang tertutup).Dan jika Anda sedang hamil sebaiknya konsultasikan masalah ini ke dokter kandungan Anda dan dianjurkan untuk sementara tidak bermain dengan binatang-binatang peliharaan Anda.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar