Sukses

Nyeri Kepala belakang

12 Nov 2019, 22:59 WIB
Pria, 25 tahun.

hi dok, saya mau bertanya sebelumnya saya pernah kecelakaan mobil sekitar 6tahun yg lalu dan pada saat itu saya terkena amnesia sementara dan akan segera pulih , tapi kok beberapa bulan belakangan ini saya masih terasa kadang sakit dikepala bagian belakang ya dok terkadang saya tiba" pingsan sendiri yg sebelumnya saya merasakan pusing bgt terus pandangan jd hilang , kira" apa penyakit yg saya alami ya dok terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri kepala belakang melalui fitur Tanya Dokter.

Berikut ini beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang seperti :

  • Tension type headache

Kondisi ini merupakan nyeri kepala dengan gejala nyeri tumpul di sekitar kepala. Biasanya bagian belakang kepala juga akan mengalami nyeri yang luar biasa. Sakit kepala ini biasanya dialami oleh orang dewasa dan bisa diakibatkan oleh berbagai penyebab seperti cahaya, stres dan dehidrasi.

  • Giant cell aretritis

Gangguan kesehatan ini juga dikenal sebagai peradangan pembuluh darah,  yang biasanya melibatkan pembuluh darah daerah oksipital yang terletak di bagian belakang kepala. Gangguan pembuluh darah ini bisa menyerang hampir seluruh pembuluh darah pada tubuh seperti pembuluh darah pada kepala, mata, hingga ekstremitas.

  • Spasm otot leher

Gangguan pada otot dan tulang pada leher bisa menyebabkan keluhan sakit kepala. Hal ini jarang dipahami oleh masyarakat. Salah satu gangguan leher yang sering menyebabkan keluhan sakit kepala adalah spasm otot leher. Cedera pada leher atau kesalahan posisi kepala dalam waktu yang lama, biasanya rentan mengakibatkan sakit kepala bagian belakang.

  • Perdarahan subarachnoid

Kondisi perdarahan di dalam otak juga bisa memicu sakit kepala bagian belakang. Nyeri kepala yang dialami penderita  biasanya terjadi secara tiba-tiba. Kemungkinan terjadinya perdarahan subarachnoid khususnya terjadi pada seorang yang baru saja mengalami cedera kepala. Biasanya diperlukan pemeriksaan CT-scan kepala untuk memastikan diagnosis perdarahan.

Jika keluhan anda terus menerus mengganggu atau bahkan bertambah buruk, sebaiknya segera periksakan dengan dokter spesialis saraf guna melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang lainnya.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar