Sukses

perdarahan saat hamil 22 Minggu

12 Nov 2019, 22:51 WIB
Wanita, 28 tahun.

dok saya sedang hamil usia kandungan saya sdh 22ming,saya alamin kencing yg kluarnya sakit lalu berdarah dan darah nya segar keputihan saya warna hijau muda.saya sdh ke dokter kandungan janin dalam keadaan sehat sekrang saya harus lakukan apa dok krn samapai hari ini masih ada darah yg keluar

Terima kasih telah bertanya seputar perdarahan saat hamil 22 minggu melalui fitur Tanya Dokter.

Tentu saja tidak setiap pendarahan yang terjadi saat hamil itu berbahaya. Ada juga pendarahan yang bersifat normal atau wajar. Pendarahan yang normal biasanya terjadi di trimester awal, sekitar minggu kelima kehamilan karena terjadi perlekatan bakal janin ke dinding rahim (implantasi embrio).

Sekitar 20-40% wanita hamil mengalami pendarahan di trimester pertama akibat implantasi embrio tersebut. Jumlah pendarahan tidak banyak, hanya berupa bercak atau sering disebut spotting dan berlangsung selama beberapa hari saja.Warnanya bisa jadi merah muda hingga merah segar dan tidak bertambah banyak. Selain itu, perdarahan tidak disertai nyeri atau kram perut.

Selain karena implantasi embrio, pendarahan juga dapat terjadi karena masalah lain di luar kehamilan. Kondisi pendarahan bisa juga terjadi, misalnya, setelah berhubungan seksual saat hamil, adanya perubahan di leher rahim (serviks), atau infeksi di vagina atau serviks. Kadang-kadang, kelelahan fisik dan stres psikis juga dapat menyebabkan keluarnya bercak pendarahan saat hamil. Pendarahan karena sebab-sebab tersebut umumnya tidak bersifat berat, lebih sering berupa bercak merah, dan tidak berlangsung lama.

Perdarahan juga dapat terjadi saat kehamilan memasuki usia 37-40 minggu sebagai tanda awal dari persalinan. Bila darah keluar bercampur lendir, disertai kontraksi rahim yang semakin teratur dan kuat, bisa jadi persalinan sudah dimulai.

Jika dalam kasus anda tersebut, dokter sudah menyatakan janin baik-baik saja tandanya aman. Namun jika keluhan tak kunjung membaik sebaiknya segera periksakan ulang dengan dokter spesialis kandungan anda untuk mengontrol ulang kehamilan anda.

Berikut adalah beberapa artike yang kami lampirkanl sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bemanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar