Sukses

Lama bayi menyusu

12 Nov 2019, 20:34 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo dok slmt mlm. Perkenalkan sy adalah ibu baru yg baru saja melahirkan. Bayi sy berumur 23 hari. Sy mau tanya dok, apakah wajar bayi sy terus menerus minta asi dan lamanya bisa 1jam menyusui?? Lalu apakah setiap kali sy menyusui harus menyendawakannya termasuk pada malam hari ketika dia tertidur pada saat menyusu? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar lama bayi menyusu melalui fitur Tanya Dokter.

Terdapat hubungan yang unik antara jumlah ASI yang diproduksi dengan seberapa sering ibu menyusui bayinya. Pada dasarnya terdapat dua hormon yang berperan penting dalam proses menyusui.Hormon tersebut yaitu prolaktin, yang memicu kelenjar di payudara untuk memproduksi ASI, serta oksitosin yang membantu ASI dapat dikeluarkan. Pengeluaran kedua hormon ini dipicu oleh rangsangan menyusui dari bayi, yaitu ketika bayi berupaya mengisap ASI dari puting ibu.Maka, bila tidak ada rangsangan menyusui dari bayi, hormon prolaktin dan oksitosin tidak akan dikeluarkan, hingga akhirnya produksi ASI menjadi terhambat. Oleh karena itu, perbanyaklah frekuensi menyusui bayi, terutama di awal kelahiran, demi menghasilkan produksi ASI yang berlimpah.

Ketika usia bayi memasuki usia 1 bulan, jadwal menyusui bayi biasanya akan lebih teratur. Artinya, Anda sudah bisa lebih memprediksi di jam berapa saja bayi biasanya merasa lapar dan ingin menyusu. Setelah beberapa hari pasca melahirkan sampai usianya berkisar 1 bulan, keinginan bayi untuk menyusu bisa timbul setiap 2-3 jam sekali. Jadi dalam sehari, jadwal menyusui bayi yang baru lahir terhitung bisa sekitar 8-12 kali dengan durasi waktu setiap kali bayi menyusui dapat memakan waktu selama 20-45 menit. Jadwal bayi menyusui ini bisa semakin berkurang seiring pertambahan usianya.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar