Sukses

Sering Sakit Kepala

11 Nov 2019, 07:29 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok saya sering sakit kepala dari SD kelas 6,skrng kepala belakang sakit klau saya tertawa. Mudah lupa, misal baru nonton acara TV, selesai berapa menit, saya sudah lupa ap yg saya tonton, dok ada solusiūüėĘ

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya mengenai sering sakit kepala melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sakit kepala memang bisa sangat mengganggu. Perlu Anda ketahui, sakit kepala terbagi atas 2, yaitu:

- Sakit kepala primer adalah keluhan yang disebabkan akibat adanya gangguan pada bagian dari kepala, seperti otot, pembuluh darah, atau saraf

- Sakit kepala sekunder adalah keluhan yang terjadi akibat adanya penyakit lain yang mendasari

Sebagian besar keluhan sakit kepala yang dialami seseorang merupakan sakit kepala primer. Pencetus paling seringnya adalah kelelahan, kurang tidur, pola makan tidak baik, stres, cemas dan sebagainya.

Sakit kepala primer terdiri dari tiga jenis, yaitu migrain, sakit kepala tipe tegang (tension-type headache), dan sakit kepala cluster. Sakit kepala tipe tegang adalah jenis yang paling sering dialami orang dewasa. Gejalanya seperti kepala yang diikat kencang atau kepala dan leher terasa kaku. Sedangkan migrain adalah nyeri kepala sebelah yang terasa berdenyut. Pada migrain, bisa muncul keluhan penglihatan kabur, tangan atau kaki kebas, sulit bicara, atau gangguan saraf (secara medis disebut sebagai aura). Jenis terakhir adalah sakit kepala tipe cluster, yang rasanya daerah mata seperti ditusuk-tusuk, serta mata dan hidung berair.

Sakit kepala primer ini biasanya dapat diatasi sendiri di rumah, yaitu dengan istirahat dan konsumsi obat pereda nyeri sesuai anjuran. Penggunaan jangka panjang tidak disarankan karena bisa timbulkan efek samping, termasuk nyeri kepala berulang.

Sakit kepala primer memang umumnya bisa sembuh sendiri. Namun, ada pula nyeri kepala sekunder, yang menandakan adanya penyakit lain yang serius. Karena Anda mempunyai keluhan lain, seperti mudah lupa hanya dalam waktu beberapa menit, kemungkinan bisa karena sakit kepala sekunder. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda langsung berkonsultasi dengan dokter saraf, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan bila perlu dilakukan ct-scan atau MRI untuk mengetahui lebih pasti penyebab keluhan Anda. Demikian yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar