Sukses

Penyebab Bengkak Sakit Ginjal
09 Nov 2019, 12:31 WIB
Wanita, 14 tahun.

jadi gini dok saya terkena gejala ginjal tapi katanya sih gx parah trs sekarang kaki muka dan di bagian perut saya agak bengkak dok

Saudara yang terhormat,

Terimakasih atas pertanyaannya. Kami mengerti kekhawatiran Anda. Anda didiagnosis menderita sakit ginjal. Bengkak pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal dapat disebabkan oleh menurunnya kemampuan ginjal untuk mengekskresi (membuang) garam atau natrium ke dalam urin. Sedangkan natrium menahan cairan di dalam pembuluh darah. Selain itu, kerusakan pada pembuluh darah-pembuluh darah kecil pada ginjal dapat menyebabkan sindrom nefrotik. Pada sindrom nefrotik, kadar albumin dalam darah turun sehingga juga menyebabkan bengkak. Namun untuk menentukan keparahan penyakit ginjal diperlukan berbagai data seperti berat badan, nilai pemeriksaan darah berupa kreatinin darah dan lainnya. Apakah Anda memiliki sakit tekanan darah tinggi atau diabetes?

Sebagai informasi tambahan, izinkan kami menjelaskan tentang diet pada gagal ginjal kronik. Diet pada penderita gagal ginjal kronik dalam hal ini adalah diet membatasi beberapa jenis mineral dan sumber makanan, serta cairan untuk mengurangi kerja ginjal. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikurangi adalah :

Sodium (garam). Makanan yang mengandung sodium banyak terdapat di dalam makanan olahan seperti sosis, makanan kalengan, keju, kecap asin, dan sebagainya.Protein. Anda akan perlu mengurangi diet protein sehari-hari. Mengurangi asupan protein dapat menurunkan sisa metabolisme yang membebani ginjal dan membantu ginjal bekerja lebih baik. Makanan yang tinggi kadar protein adalah daging, ayam, ikan, telur, dan produk susuFosfor. Fosfor dalam jumlah berlebih tidak akan dapat dikeluarkan dari dalam tubuh karena ginjal yang sudah rusak. Terlalu banyak fosfor di dalam tubuh akan menyebabkan kalsium menurun dari tulang. Makanan yang memiliki kandungan fosfor tinggi adalah kacang-kacangan, kola, dan minuman beralkoholPotasium. Makanan dengan kadar potasium tinggi adalah pisang, buah-buahan lainnya, dan sayuran

Untuk pengaturan diet gagal ginjal, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis gizi agar diberikan pengaturan nutrisi yang sesuai. Terlebih lagi apabila didapatkan penyakit lainnya selain gagal ginjal. Apabila Anda mengalami bengkak hebat, kami sarankan Anda segera ke dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan segera. Semoga informasi ini membantu.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar