Sukses

Penyebab Sakit Kepala
08 Nov 2019, 20:31 WIB
Pria, 22 tahun.

Halo dok, saya sering sakit kepala. Gak bisa fokus, padahal minum banyak air mineral. Jadi misalnya kepala digoyang goyang gitu terasa sakit banget dok, itu kenapa ya? Terima kasih.

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter mengenai sakit kepala. 

Sakit kepala merupakan salah satu keluhan yang banyak dirasakan orang dewasa. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa setidaknya separuh penduduk dewasa dunia pernah mengalami kepala setiap tahunnya. Sakit kepala dapat berupa sensasi berdenyut, seperti ditusuk-tusuk, atau seperti diikat.

Menurut International Headache Society, terdapat dua jenis sakit kepala, yaitu:

- Sakit kepala primer

Sakit kepala primer yaitu sakit kepala yang disebabkan karena gangguan pada bagian dari kepala, seperti otot, pembuluh darah, atau saraf.

- Sakit kepala sekunder

Sakit kepela sekunder yaitu sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit lain.

Sebagian besar keluhan sakit kepala yang dialami seseorang merupakan sakit kepala primer.

Penyebab sakit kepala primer adalah stimulasi berlebihan dari pembuluh darah, otot, atau saraf pada daerah kepala dan leher. Hal yang mendasari terjadinya stimulasi berlebihan ini belum diketahui pasti, namun kondisi stres, cemas, kelelahan, atau depresi sering memicu kondisi tersebut.

Sedangkan sakit kepala sekunder dapat disebabkan oleh banyak penyakit. Beberapa di antaranya adalah tumor otak, perdarahan otak, glaukoma, stroke, dan sebagainya.

Umumnya untuk menentukan jenis sakit kepala yang dialami, tidak dibutuhkan pemeriksaan tambahan. Namun bila sakit kepala tidak dapat diatasi dengan obat-obatan, kadang dibutuhkan pemeriksaan lanjutan seperti CT scan atau MRI.

Pengobatan utama pada sakit kepala primer adalah dengan istirahat dan mengkonsumsi obat antinyeri, seperti parasetamol atau ibuprofen. Bila sakit kepala timbul berulang, dokter umumnya akan memberikan obat lain –misalnya antidepresan trisiklik, beta bloker, agonis reseptor serotonin, untuk mencegah sakit kepala timbul lagi.

Sementara itu, pengobatan sakit kepala sekunder sangat tergantung pada penyebabnya. Bila penyebabnya adalah tumor otak atau perdarahan otak, umumnya dibutuhkan tindakan operasi.

Untuk mencegah sakit kepala, hal berikut ini perlu dilakukan:

Hindari stres sebisa mungkin

Biasakan ada waktu untuk relaksasi. Relaksasi bisa dilakukan dengan tidur, olahraga, berekreasi, melakukan hobi, dan lain-lain.

Makan dengan teratur

Olahraga 4–5 kali dalam seminggu, dengan durasi 30–60 menit tiap kali 

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar