Sukses

Demam Tifoid
07 Nov 2019, 13:51 WIB
Pria, 46 tahun.

Malam dok Anak saya perempuan dengan usia 11 tahun dan berat 31 kg. Tanggal 26 Oktober anak saya sakit dengan ciri panas sekitar 37,2 – 38,5. Sampai tgl 29 kondisi belum membaik dan kami bawa berobat dan dilakukan tes darah dengan hasil sebagai berikut. oleh dokter diberikan obat antiza 500 mg dan thiamycin forte serta diminta istirahat total selama 3-4 hari. Diagnosanya adalah tipus. Tanggal 2 Nopember kondisi anak kami mulai membaik dan senin tanggal 4 Nopember ia telah masuk sekolah. Pada keesok harinya tanggal 5 nopember sepulang sekolah kembali suhu badannya kembali panas sekitar 37 – 38 derajat dan kami memberikan obat antiza 500 mg table sebanyak ¾ per 6 jam tetapi kondisinya tidak membaik. Tanggal 6 nopember kembali kami membawanya berobat dan dilakukan pemeriksaan darah dengan hasil berikut : Oleh dokter diberi obat antiza dan Cefixime 100mg (2 x sehari 1 kapsul) Pertanyaan saya 1. Apakah anak saya terkenak tipus sesuai dengan hasil pemeriksaan pertama atau penyakit apa yang dialami oleh anak saya? 2. Apakah benar jika ciri tipus itu panas tinggi pada malam hingga menjelang pagi hari ? pada awalnya emang ia panas pada malam hingga subuh, tetapi berikutnya hampir sepanjang hari suhunya sekitar 37 – 38 derajat. Obat panasnya hanya bertahan sekitar 4-6 jam 3. Apa penyebab sehingga kondisi kesehatan anak saya tersebut pada hal sebelumnya kondisinya sudah membaik ? 4. Adakah makanan yang di larang untuknya ? 5. Pada pemeriksaan pertama trobosit 572 dan pemeriksaan kedua 331 apakah kondisi ini sudah normal ? 6. Pada pemeriksaan kedua dibanding dari pemeriksaan pertama saya lihat Netrofil segmen naik dari 78 ke 81 (dari batas normal 50 – 70) serta limposit turun dari 20 ke 17 (dari batas normal 20 – 40) apakah penyebab hal ini dan bagaimana membuatnya normal kembali? 7. Dari 2 kali hasil pemeriksaan tersebut apakah ada tanda yang menyatakan anak saya terkenak demam berdarah ? Mohon penjelasan dari dokter. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar demam tifoid melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan penjelasan panjang Anda sepertinya anak Anda mengalami demam tifoid atau yang lebih dikenal dengan tipus.

Demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhii. Gejalanya bisa berupa demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit tenggorokan, sembelit atau diare, penurunan nafsu makan dan nyeri perut. Kadang penderita merasakan nyeri ketika berkemih dan terjadi batuk serta perdarahan dari hidung. Gejala penyakit demam tifoid dapat berlangsung antara 10-14 hari.

Prinsipnya, demam tifoid dapat sembuh asal diobati hingga tuntas. Selalu ikuti dosis obat antibiotik yang diberikan dan minumlah secara teratur. Selain itu, perhatikan apa yang dimakan, pastikan makanan tersebut bersih. Kuman tifoid banyak terdapat di dalam makanan-makanan yang kurang higienis.

Setelah demam tifoid sembuh, maka yang terjadi bukanlah kekambuhan, melainkan infeksi ulang atau infeksi baru dari kuman yang menyebabkan demam tifoid (tipus). Infeksi ulangan ini dapat disebabkan oleh pengobatan yang tidak tuntas atau tifoid yang tidak diobati sebelumya.

Apabila Anda mengalami gejala demam tifoid, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk mengkonfirmasi infeksi tifoid, Anda dapat melakukan pemeriksaan IgM Anti Salmonella. Jika memang positif, artinya Anda terinfeksi. Kami tidak menganjurkan Anda untuk mengobatinya sendiri.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar demam tifoid. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar