Sukses

Flek Saat Pakai Pil KB
06 Nov 2019, 22:24 WIB
Wanita, 24 tahun.

Malam dok saya mau bertanya apakah selain berat badan berlebih jika menggunakn pil kb jangka panjang dapat menyebabkn flek hitam, dan bagaimana solusi agar tidak keluar flek hitam

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Perlu diketahui bahwa seluruh metode kontrasepsi yang bersifat hormonal, baik itu suntik, pil, spiral maupun susuk, dapat merubah regulasi hormon di dalam tubuh wanita dan menyebabkan gangguan menstruasi. Biasanya, kondisi perubahan hormon ini diawali dengan perdarahan tidak teratur, terutama pada 3 bulan awal penggunaan alat kontrasepsi. Keluhan seperti flek, menstruasi sedikit atau bahkan tidak menstruasi sama sekali disebabkan karena menipisnya lapisan lendir rahim. 

Masing-masing pil KB memberikan efek yang berbeda pada masing-masing orang. Jika keluhan dirasakan oleh Anda sangat menganggu kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter sepsialis kebidanan dan kandungan Anda perihal pilihan alat konstrasepsi apa yang cocok untuk Anda dan dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh terkait keluhan flek yang Anda rasakan selama ini. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

0 Komentar

Belum ada komentar